Hizbullah Tembakkan 100 Roket ke Pangkalan Militer Israel

Selasa, 27 Februari 2024 - 17:51 WIB
loading...
Hizbullah Tembakkan 100 Roket ke Pangkalan Militer Israel
Hizbullah meluncurkan 100 roket ke wilayah Israel. Foto/Reuters
A A A
GAZA - Gerakan perlawanan Hizbullah Lebanon menembakkan 100 roket ke pangkalan militer Israel di bagian utara wilayah yang diduduki Israel pada tahun 1948. Itu sebagai tanggapan atas serangan udara mematikan rezim tersebut di Lebanon timur.

Jaringan berita televisi berbahasa Arab Lebanon al-Mayadeen, mengutip pernyataan singkat Hizbullah, melaporkan bahwa kelompok tersebut menargetkan pangkalan Gunung Meron pada Selasa (27/2/2024).

Pangkalan pengatur lalu lintas udara Israel yang sensitif telah beberapa kali menjadi sasaran Hizbullah di tengah serangan Israel yang sedang berlangsung di Gaza.

Melansir Press TV, Hizbullah mengatakan dalam pernyataannya bahwa serangan roket itu terjadi sebagai pembalasan atas agresi brutal terhadap Gaza, dan sebagai tanggapan atas serangan udara Israel sehari sebelumnya di pinggiran desa Buday dekat Baalbek, yang merenggut nyawa setidaknya dua pejuang perlawanan.

Media Israel mengatakan Hizbullah meluncurkan serangkaian roket dari wilayah Lebanon menuju pangkalan Gunung Meron, dan mencatat bahwa suara beberapa ledakan keras terdengar di daerah tersebut.

Mereka mencatat Hizbullah telah menembakkan lebih dari 100 proyektil dalam waktu kurang dari 24 jam. Belum ada laporan mengenai korban jiwa dan tingkat kerusakan yang ditimbulkan.

Hizbullah menembakkan roket dari Lebanon pada hari Senin ke pangkalan militer Israel di Dataran Tinggi Golan yang diduduki Suriah, sebagai tanggapan atas serangan udara mematikan di Baalbek Lebanon.

Dua pejabat keamanan Lebanon dan sumber yang dekat dengan kelompok perlawanan mengatakan kepada kantor berita AFP bahwa dua anggota Hizbullah tewas dalam serangan udara Israel.



Salah satu sumber keamanan Lebanon mengatakan serangan Israel menghantam sebuah bangunan yang digunakan oleh Hizbullah di pinggiran kota Baalbek, dan sebuah gudang dekat Baalbek milik kelompok tersebut.

Pada Senin malam, serangan Israel terhadap sebuah mobil di Lebanon selatan menewaskan sedikitnya satu orang, kata tim penyelamat setempat, tanpa memberikan rincian lebih lanjut.

Rezim Israel terus-menerus menyerang Lebanon selatan sejak 7 Oktober, ketika entitas pendudukan melancarkan kampanye mematikan dan menghancurkan di Gaza.

Sebagai pembalasan, Hizbullah melancarkan serangan roket hampir setiap hari terhadap posisi Israel.

Lebih dari 270 orang tewas di perbatasan Lebanon, sebagian besar dari mereka adalah pejuang Hizbullah tetapi juga termasuk 44 warga sipil.

Setidaknya sepuluh tentara Israel dan enam pemukim tewas di wilayah tersebut.

Pertempuran tersebut telah memaksa evakuasi puluhan ribu orang dari bagian utara wilayah pendudukan, yang telah dihantam oleh tembakan roket dan penembakan yang dilakukan oleh Hizbullah dan kelompok sekutu Palestina.

Hizbullah telah mendesak penduduk di Lebanon selatan untuk mematikan sistem kamera CCTV mereka untuk mencegah Israel meretas perangkat yang dipasang di luar rumah dan toko di Lebanon selatan.

Hizbullah telah melancarkan dua perang Israel melawan Lebanon pada tahun 2000 dan 2006. Perlawanan tersebut memaksa rezim tersebut mundur dalam kedua konflik tersebut.

(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1093 seconds (0.1#10.140)