6 Pelajaran Penting dari Pemilihan Pendahuluan Partai Republik di South Carolina

Minggu, 25 Februari 2024 - 22:22 WIB
loading...
6 Pelajaran Penting dari Pemilihan Pendahuluan Partai Republik di South Carolina
Pemilihan pendahuluan di South Carolina memiliki banyak pelajaran penting. Foto/Reuters
A A A
WASHINGTON - Calon terdepan Donald Trump berharap menggunakan kemenangan besar dalam pemilihan pendahuluan Partai Republik di South Carolina pada Sabtu (24/2/2024) untuk membujuk saingannya Nikki Haley agar mundur dari pemilihan presiden.

Meskipun hasil pemilu ini membuat Trump semakin dekat untuk meraih nominasi dari partai tersebut, Haley telah berjanji untuk terus maju.

6 Pelajaran Penting dari Pemilihan Pendahuluan Partai Republik di South Carolina

1. Pertarungan Nominasi Capres Partai Republik Sudah Berakhir

6 Pelajaran Penting dari Pemilihan Pendahuluan Partai Republik di South Carolina

Foto/Reuters

Dalam pidato kemenangannya, Trump menegaskan bahwa ia menantikan pertarungan pemilu November melawan Presiden Demokrat Joe Biden. Dia tidak menyebut nama Haley sekali pun, tampaknya dalam upaya untuk bertindak seolah-olah perlombaan utama telah berakhir.

Meskipun tampaknya semakin mustahil Haley dapat merebut nominasi dari Trump, kemenangannya di South Carolina menutupi perpecahan dalam partai yang tampaknya belum akan berakhir.

Haley berada di jalur yang tepat untuk meraih suara sekitar 40%, kinerja yang lebih baik dari perkiraan jajak pendapat. Bulan lalu di New Hampshire, dia memperoleh sekitar 43% suara.

“Empat puluh persen bukanlah kelompok kecil,” katanya kepada para pendukungnya pada hari Sabtu. "Ada sejumlah besar pemilih di pemilihan pendahuluan Partai Republik yang mengatakan mereka menginginkan alternatif."


2. Perlu Merebut Dukungan Kalangan Menengah

6 Pelajaran Penting dari Pemilihan Pendahuluan Partai Republik di South Carolina

Foto/Reuters

Di kedua negara bagian, jumlah Haley mungkin didukung oleh kelompok moderat atau Demokrat yang memilih dalam pemilihan pendahuluan Partai Republik dengan tujuan menghentikan Trump.

Di South Carolina, Haley memperoleh suara lebih besar dari para pemilih yang mengatakan bahwa mereka belum pernah berpartisipasi dalam pemilihan pendahuluan Partai Republik sebelumnya, menurut jajak pendapat yang dilakukan oleh Edison Research. Dan 69% orang yang mengaku moderat memilihnya.

Bagi Trump, hal ini berarti masih ada sebagian besar pemilih Partai Republik – serta sebagian besar pemilih independen – yang mungkin perlu ia menangkan jika ingin mengalahkan Biden. Sampai saat ini, tidak ada tanda-tanda bahwa Trump akan berbuat banyak untuk merayu mereka.

3. Nikki Haley Masih Akan Terus Maju

6 Pelajaran Penting dari Pemilihan Pendahuluan Partai Republik di South Carolina

Foto/Reuters

Saat ini, Haley tampaknya menjadi kandidat tanpa partai. Dan rupanya dia baik-baik saja dengan itu.

Seperti yang berulang kali ditegaskannya di South Carolina, dia tidak mengincar posisi wakil presiden dan dia tidak menginginkan pekerjaan di kabinet. Ketika dia meninggalkan pencalonan, seperti yang mungkin akan dia lakukan dalam beberapa minggu mendatang, dia hanya akan memiliki kehidupan pribadi yang menunggunya.

Motif Haley untuk tetap tinggal sebagian besar masih tersembunyi, dan dia pasti akan menghadapi tekanan yang semakin besar untuk keluar dari pertarungan.

Namun seiring berkembangnya persaingan, ia telah menjadi suara sebagian dari Partai Republik yang merasa tidak memiliki akar, yaitu kelompok konservatif yang berpikiran tradisional yang mendukung calon presiden seperti George W. Bush dan Mitt Romney.

Haley adalah orang terdekat yang mereka miliki saat ini dengan seorang pembela dan advokat – dan setidaknya untuk saat ini, dia memiliki platform publik untuk menyampaikan pandangannya.

“Saya tidak akan menyerah dalam perjuangan ini ketika mayoritas warga Amerika tidak menyetujui Donald Trump dan Joe Biden,” katanya pada hari Sabtu.

4. Kalah di Kandang Sendiri

6 Pelajaran Penting dari Pemilihan Pendahuluan Partai Republik di South Carolina

Foto/Reuters

Kemenangan Trump memberinya sapu bersih dari lima kontes nominasi sejauh ini: Iowa, New Hampshire, Nevada, Kepulauan Virgin AS, dan sekarang South Carolina. Hasil pemilu hari Sabtu ini tentu sangat membuat frustrasi bagi Haley, yang menjadi bintang politik di negara bagian Ujung Selatan di mana ia menjabat sebagai gubernur selama enam tahun.

Dia menginvestasikan lebih banyak waktu, uang, dan tenaga dalam berkampanye menjelang pemilihan pendahuluan, sementara Trump hanya mengadakan beberapa kampanye. Pada saat yang sama, ia menyaksikan sebagian besar lembaga politik di negara bagian itu mengabaikannya dan berpihak pada mantan presiden tersebut.

Mungkin yang paling menjengkelkan adalah betapa buruknya perlakuan Haley terhadap para veteran setelah dia menugaskan Trump karena mengkritik suaminya, seorang perwira di Garda Nasional South Carolina yang saat ini ditugaskan ke Afrika, karena tidak hadir dalam kampanye. Haley juga mengungkit komentar Trump yang tidak sopan di masa lalu tentang mendiang Senator AS John McCain, seorang dokter hewan Vietnam yang berprestasi.

Menurut jajak pendapat yang dilakukan oleh Edison Research, Trump memenangkan 67% suara dari mereka yang bertugas di Angkatan Bersenjata AS dibandingkan dengan Haley yang hanya memperoleh 33%.

Mungkin hal ini tidak mengherankan mengingat para veteran mengatakan kepada Reuters bahwa meskipun mereka menyalahkan Trump atas pernyataannya, mereka tetap mendukungnya. Beberapa orang khawatir pandangan kebijakan luar negeri Haley yang agresif dapat menyebabkan Amerika Serikat terlibat perang lagi.

Menurut Edison, 47% anggota Partai Republik merasa AS harus mengambil peran yang “kurang aktif” dalam urusan dunia, dan Trump memenangkan hampir 77% pemilih tersebut. Namun Trump juga memenangkan sebagian besar pemilih (60%) yang percaya bahwa AS harus mengambil peran “lebih aktif”.

Jika semua itu membuat Haley dan timnya menggaruk-garuk kepala, Anda tidak bisa menyalahkan mereka.

5. Fokus Imigrasi dan Perbatasan

6 Pelajaran Penting dari Pemilihan Pendahuluan Partai Republik di South Carolina

Foto/Reuters

Jajak pendapat juga menunjukkan hal lain dengan jelas: Trump mengesampingkan Haley dalam masalah imigrasi dan keamanan perbatasan.

Hal ini penting di South Carolina, dimana 37% pemilih menyatakan imigrasi sebagai prioritas utama mereka. Dari para pemilih tersebut, 82% mendukung Trump dan hanya 18% mendukung Haley. Dan dari 66% pemilih yang percaya bahwa imigran tidak berdokumen harus dideportasi ke negara asal mereka, 77% memilih Trump.

Pada acara kampanye, Haley berpendapat bahwa dia juga mengambil tindakan keras terhadap imigrasi, namun Partai Republik tampaknya tidak menyetujuinya. Tim kampanye Trump minggu ini merilis iklan TV berjudul “Weakness” (Kelemahan) yang mengklaim Haley menentang apa yang disebut Trump sebagai “larangan bepergian” bagi Muslim pada masa pemerintahannya dan mempertanyakan perlunya tembok di sepanjang perbatasan AS dengan Meksiko.

Situs FactCheck.org menyebut iklan Trump menyesatkan, dan menyatakan bahwa Haley selama ini mendukung tembok tersebut, namun dia lebih memilih larangan yang lebih sempit dibandingkan larangan yang diterapkan Trump.

Terlepas dari itu, serangan-serangan Trump tampaknya masih terhenti, dan hal ini tidak memberikan dampak baik bagi prospek Haley di partai yang semakin banyak diliputi oleh isu migran yang melintasi perbatasan.

6. Memanfaatkan Isu Perekonomian yang Lemah

6 Pelajaran Penting dari Pemilihan Pendahuluan Partai Republik di South Carolina

Foto/Reuters

Trump juga masih mempunyai keunggulan dalam hal pemilih yang tidak puas dengan kondisi perekonomian, yang sayangnya bagi Haley, merupakan mayoritas pemilih Partai Republik.

Sebanyak 83% pemilih yang disurvei oleh Edison mengatakan kondisi perekonomian “tidak begitu baik atau buruk” meskipun tingkat pengangguran rendah dan pasar saham sedang booming. Hampir tiga perempat pemilih mendukung Trump.

Bahkan para pemilih yang mengatakan situasi keuangan pribadi mereka stabil memilih Trump dalam jumlah besar. Hanya sebagian kecil pemilih yang mengatakan perekonomian dalam kondisi baik lebih memilih Haley.

Trump memenangkan mayoritas pemilih di semua kelompok pendapatan yang disurvei oleh Edison. Berdasarkan pola historisnya, ia melakukan yang terbaik terhadap mereka yang tidak memiliki gelar sarjana dan mereka yang berpenghasilan kurang dari USD50.000 per tahun.

Secara keseluruhan, jika Anda seorang pemilih yang kecewa dengan status quo di Amerika, Anda akan memilih Trump: 44% responden jajak pendapat mengatakan mereka “marah” terhadap keadaan negara tersebut, dan Trump memperoleh 83% suara.

(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1412 seconds (0.1#10.140)