Militer AS Tercanggih di Dunia, tapi Tak Siap Hadapi Perang dengan Senjata Murahan

Minggu, 25 Februari 2024 - 12:37 WIB
loading...
A A A
“Ini adalah pencegat yang diluncurkan di darat, dipandu radar, dengan varian kinetik dan non-kinetik, yang terintegrasi ke dalam sistem pesawat tak berawak kecil yang terintegrasi di lokasi tetap dan sistem pesawat tak berawak kecil yang bergerak lambat dan terintegrasi."

Menurut Velicovich, menjamurnya teknologi drone berarti masalah ini tidak akan hilang dalam waktu dekat.

“Dulu jika Anda membeli drone, biayanya jutaan dolar...hanya negara yang mampu membelinya, hanya negara yang bisa memahami teknologinya,” kata Velicovich. “Sekarang, hal itu tidak lagi terjadi.”

Brent Sadler, peneliti senior di Heritage Foundation, mengatakan kepada Fox News Digital bahwa ancaman teknologi rendah terhadap militer AS bukanlah hal baru, mengingat serangan tahun 2000 terhadap kapal perang USS Cole di Aden, Yaman, yang dilakukan dengan kepal pengebom bunuh diri yang murah.

Namun Sadler juga mencatat bahaya memasangkan teknologi murah seperti drone dengan rudal berteknologi tinggi, dengan alasan bahwa AS masih harus lebih mempersiapkan diri menghadapi perubahan lanskap.

“Realitas peperangan laut yang ditunjukkan dalam beberapa tahun terakhir memperjelas bahwa Angkatan Laut AS perlu mengejar ketertinggalan dari China dan Rusia dalam mengembangkan rudal jelajah hipersonik dan mematikan, sembari mengembangkan opsi berbiaya rendah juga,” kata Sadler.

“Daftar teratas adalah drone yang dapat mengerumuni dan membanjiri sensor pembela untuk melakukan serangan atau membuat target yang memiliki pertahanan cukup terganggu sehingga memungkinkan senjata kelas atas mencapai sasarannya," paparnya.

Sementara itu, Velicovich mengatakan AS harus mulai memahami bagaimana perang terjadi di seluruh dunia dan beradaptasi, dengan menunjuk pada kekuatan tempur yang tampaknya lebih rendah namun telah menunjukkan taktik baru dan efektif dalam konflik saat ini.

“Negara-negara atau kelompok teroris atau organisasi berbeda membela atau berperang dengan uang yang sangat sedikit,” kata Velicovich.

“Masa depan peperangan akan ada pada AI [kecerdasan buatan], akan ada pada [kendaraan], air, darat, udara dan laut, drone kecil dan berbiaya rendah. Hal ini harus ada dalam perangkat industri pertahanan kita, bukan sekadar hanya pesawat tempur bernilai miliaran dolar."
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1284 seconds (0.1#10.140)