Ingin Melumpuhkan Israel, Houthi Luncurkan Misil Balistik ke Wilayah Israel

Sabtu, 24 Februari 2024 - 18:40 WIB
loading...
Ingin Melumpuhkan Israel, Houthi Luncurkan Misil Balistik ke Wilayah Israel
Milisi Houthi meluncurkan rudal balistik ke wilayah Israel. Foto/Reuters
A A A
GAZA - Kelompok perjuangan Yaman terus melancarkan serangan ke wilayah Israel . Itu dilakukan sebagai bentuk solidaritas kepada perjuangan Palestina.

CNN mengutip seorang pejabat AS yang mengonfirmasi aksi Houthi tersebut. “Houthi di Yaman meluncurkan rudal balistik ke arah Israel pada Kamis pagi, dan Israel mampu mencegatnya. Houthi juga menembakkan dua rudal balistik anti-kapal pada Kamis pagi dan menghantam sebuah kapal komersial di Teluk Aden," ujar pejabat AS tersebut.

Sebuah kapal kargo milik Inggris yang berbendera Palau mengalami kerusakan ringan setelah dua rudal balistik diluncurkan dari wilayah yang dikuasai Houthi di Yaman dan menghantam kapal tersebut.

Pejabat AS tersebut menyatakan bahwa setidaknya ada satu orang luka ringan, dan sejak itu, kapal tersebut melanjutkan rutenya ke tujuannya.

Pada Kamis, media Israel melaporkan bahwa sirene berbunyi di kota Eilat menyusul ancaman rudal yang diyakini berasal dari Yaman.

Dilaporkan bahwa rudal permukaan-ke-permukaan ditembakkan ke arah Eilat tetapi berhasil dicegat oleh sistem Arrow.

Pemimpin kelompok Ansar Allah (Houthi), Abdul-Malik Al-Houthi, menekankan kelompok tersebut akan melanjutkan operasinya melawan kepentingan pendudukan Israel di wilayah tersebut, dan mencatat bahwa serangan Houthi menyebabkan berkurangnya 40 persen lalu lintas komersial maritim musuh.

Al-Houthi menyampaikan dalam pidato video pada hari Kamis: “Operasi di Laut Merah dan Laut Arab, Selat Bab Al-Mandab dan Teluk Aden terus berlanjut, meningkat, efektif dan signifikan,” menekankan bahwa semua kapal akan menyeberang dengan aman seiring berjalannya waktu. selama mereka tidak menuju ke pelabuhan-pelabuhan pendudukan Israel.

“Kami menantang Amerika untuk membuktikan bahwa kapal-kapal yang menjadi sasaran tidak termasuk dalam kategori yang kami umumkan akan menjadi sasaran dan bahwa mereka tidak berafiliasi dengan AS, Inggris, atau Israel," ujar Al-Houthi.

Al-Houthi juga mencatat bahwa AS gagal dalam menghadapi operasi kami di laut, karena mereka tidak mampu mencegahnya, juga tidak mampu menghalangi atau membatasinya. "Musuh tidak dapat memberikan keamanan dan kesempatan untuk menyeberang kepada kapal-kapal yang terkait dengan musuh Israel," imbuhnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1185 seconds (0.1#10.140)