NATO: Ukraina Bisa Kerahkan F-16 untuk Serang Wilayah Rusia

Sabtu, 24 Februari 2024 - 08:45 WIB
loading...
NATO: Ukraina Bisa Kerahkan F-16 untuk Serang Wilayah Rusia
Jet tempur F-16 milik Angkatan Udara Amerika Serikat bermanuver di udara. Foto/REUTERS
A A A
BRUSSEL - Ukraina akan bebas menggunakan jet tempur F-16 yang mereka terima dari NATO untuk menyerang sasaran militer 'di dalam Rusia', atau di luar perbatasan yang diklaim Kiev.

Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg menegaskan hal itu kepada media pemerintah Amerika Serikat (AS).

Stoltenberg berbicara kepada RFE/RL untuk wawancara yang dijadwalkan disiarkan pada Jumat (23/2/2024).

Menurut cuplikan yang dirilis sebelumnya, pemimpin NATO tersebut berpendapat, “Ukraina memiliki hak untuk membela diri terhadap agresi Rusia, yang mencakup menyerang sasaran militer Rusia yang sah di luar Ukraina.”

Mengenai kapan pemerintah di Kiev mungkin benar-benar menerima jet tempur yang dijanjikan, Stoltenberg tidak bersedia mengatakannya.

“Setiap anggota NATO yang berjanji mengirimkan F-16 memiliki kebijakan berbeda dan akan memutuskan sendiri,” ujar dia.

Meskipun beberapa pendukung Ukraina menginginkan jet-jet tersebut beraksi sesegera mungkin, dampaknya akan lebih besar jika pilotnya terlatih dengan baik dan terdapat cukup awak pemeliharaan dan pendukung, menurut Stoltenberg.

“Jadi, saya pikir kita harus mendengarkan para ahli militer kapan tepatnya kita siap atau kapan sekutu siap mulai mengirim dan mengirimkan F-16. Lebih cepat lebih baik," ungkap dia.



Ukraina telah lama menuntut F-16 sebagai cara memerangi superioritas udara Rusia. Denmark dan Belanda sama-sama berjanji menyumbangkan sebagian jet mereka, dan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky menyebutkan jumlah totalnya adalah 42.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1164 seconds (0.1#10.140)