4 Kekalahan Terburuk AS dalam Perang, 2 di Antaranya di Asia Tenggara

Kamis, 22 Februari 2024 - 14:56 WIB
loading...
4 Kekalahan Terburuk AS dalam Perang, 2 di Antaranya di Asia Tenggara
Amerika Serikat sudah 4 kali menderita kekalahan terburuk dalam perang. Dua di antara di Asia Tenggara, yakni Perang Vietnam dan Perang Korea. Foto/REUTERS
A A A
JAKARTA - Sedikitnya ada empat kekalahan terburuk Amerika Serikat (AS) dalam perang. Beberapa di antaranya berlangsung di Asia Tenggara.

Amerika Serikat dikenal sebagai negara adidaya yang berpengaruh dan disegani. Pada sektor militer, mereka bahkan sudah biasa dikenal sebagai negara terkuat di dunia.

Amerika Serikat telah banyak terlibat dalam peperangan. Tak selalu menang, ternyata mereka juga pernah mengalami kekalahan.

Menariknya, ada beberapa kekalahan perang yang dianggap aib atau momen buruk dalam sejarah AS. Berikut ini di antaranya yang bisa disimak.



Kekalahan Terburuk Amerika Serikat dalam Perang


1. Perang Vietnam


Perang Vietnam menjadi riwayat kelam bagi Amerika Serikat. Waktu itu, mereka harus kehilangan puluhan ribu tentaranya.

Mengutip laman History, konflik bermula ketika AS melakukan intervensi militer di Vietnam. Dalam hal ini, mereka mendukung Vietnam Selatan yang non-komunis.

Tercatat, setidaknya 58.220 prajurit tewas dalam Perang Vietnam. Itu menjadi momen terburuk yang dialami Amerika antara tahun 1967 hingga 1969.

Waktu itu, lebih dari 40.000 tentara AS terbunuh. Akibatnya, mereka terpaksa menarik diri dari Asia Tenggara dan menyerahkan kendali Vietnam kepada rezim komunis.

2. Perang Korea


Berikutnya ada Perang Korea (1950-1953). Peristiwa berdarah ini juga sering dianggap sebagai salah satu kekalahan besar bagi Amerika Serikat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1141 seconds (0.1#10.140)