Kenapa Politikus AS Selalu Mendukung Taiwan Dibandingkan dengan Ukraina?

Kamis, 22 Februari 2024 - 15:15 WIB
loading...
A A A
Namun yang jauh lebih penting adalah solidaritas dengan sesama negara demokrasi. Taiwan tidak lagi menjadi bagian dari Partai Republik. Setelah hal-hal seperti perang dagang yang dilancarkan Trump, perdebatan mengenai asal muasal Covid, dan balon mata-mata yang terlihat di AS, dukungan terhadap Taiwan di kalangan masyarakat Amerika kini menyebar melalui kedua belah pihak.

5. Mengusung Kepenting AS

Kenapa Politikus AS Selalu Mendukung Taiwan Dibandingkan dengan Ukraina?

Foto/Reuters

Selain itu, AS juga memiliki kepentingan keamanan dan ekonomi nasional yang besar yang terkait dengan Taiwan – khususnya perdagangan semikonduktor.

Hal ini berarti, tidak seperti Ukraina, tidak ada suara di Kongres yang menyerukan AS untuk menghentikan dukungan militer terhadap Taiwan. Yang terjadi justru sebaliknya.

Peta yang menunjukkan lokasi di mana Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA) akan melakukan latihan militer dan kegiatan pelatihan termasuk latihan tembak terlihat di laporan surat kabar tentang kunjungan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat AS Nancy Pelosi ke Taiwan

Namun pertanyaan itu tetap ada. Apakah kunjungan tersebut lebih banyak ruginya daripada manfaatnya? Ketika Nancy Pelosi datang ke sini pada musim panas 2022, Beijing merespons dengan menembakkan rudal balistik ke wilayah pulau itu untuk pertama kalinya, termasuk di ibu kota Taipei. Jajak pendapat yang dilakukan setelah kunjungan tersebut menunjukkan mayoritas warga Taiwan menganggap kunjungan tersebut telah merusak keamanan Taiwan.

Saat ini sangat umum kita mendengar orang-orang yang berspesialisasi dalam studi Taiwan mengutip pepatah lama dari Presiden Theodore Roosevelt untuk "berbicara dengan lembut dan membawa tongkat besar". J Michael Cole mengatakan hal itulah yang dilakukan AS dan Taiwan. Ia mengatakan kunjungan ke kongres AS mungkin hanya bersifat simbolis, namun ini merupakan PR yang baik bagi Taipei dan anggota Kongres. Kecuali kunjungan Pelosi, kunjungan tersebut juga berada di bawah ambang batas yang benar-benar mengecewakan Beijing.

Namun, kata J Michael Cole, apa sebenarnya arti kunjungan ini bagi hubungan AS-Taiwan? Lagi pula, "aspek yang sangat substantif... seperti meningkatnya pertukaran tingkat tinggi mengenai hal-hal seperti intelijen, seperti pertahanan, hal-hal tersebut tidak menjadi berita".

“Itu konstruktif,” lanjutnya. “Dan Amerika Serikat bersikeras bahwa hal tersebut tidak boleh dipublikasikan oleh pemerintah Taiwan.”

(ahm)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0938 seconds (0.1#10.140)