Laporan Akhir Gagal Konfirmasi Penyebab Lenyapnya MH370

Senin, 30 Juli 2018 - 15:33 WIB
Laporan Akhir Gagal Konfirmasi Penyebab Lenyapnya MH370
Laporan Akhir Gagal Konfirmasi Penyebab Lenyapnya MH370
A A A
KUALA LUMPUR - Tim investigator merilis laporan penyelidikan tragedi hilangnya pesawat Malaysia Airlines MH370 bersama 239 oranh di dalamnya. Namun, tim itu gagal mengonfirmasi penyebab lenyapnya pesawat tersebut.

Pesawat Malaysia Airlines MH370 hilang misterius saat dalam perjalanan dari Kuala Lumpur ke Beijing pada 8 Maret 2014. Tragedi ini menjadi salah satu misteri penerbangan terbesar di dunia.

"Tim tidak dapat menentukan penyebab sebenarnya hilangnya MH370," kata Kok Soo Chon, kepala tim investigasi keselamatan MH370 kepada wartawan.

"Jawabannya hanya bisa konklusif jika rongsokan (pesawat) ditemukan," katanya ketika ditanya apakah mereka akan tahu apa yang terjadi pada pesawat tersebut, sebagaimana dikutip Reuters.
Baca Juga: Hari Ini, Malaysia Rilis Laporan Akhir Misteri Pesawat MH370

Investigasi bertahun-tahun telah dilakukan untuk mengetahui apa yang terjadi pada pesawat pembawa 239 orang itu. Namun, hasilnya nihil.

Menteri Transportasi Malaysia Anthony Loke mengatakan rilis laporan akhir tentang nasib MH370 sudah lama ditunggu-tunggu.

Pada bulan Mei tahun ini, Malaysia membatalkan pencarian pesawat MH370 yang didanai oleh swasta. Dari 239 orang di pesawat yang hilang itu, beberapa di antaranya merupakan warga Indonesia.

"Setiap kata yang direkam oleh tim investigasi diajukan dalam laporan ini," kata Anthony kepada wartawan.

"Ini akan disuguhkan sepenuhnya, tanpa pengeditan, penambahan, atau pun redaksi. Laporan ini akan disebarluaskan, dengan salinan cetak, didistribusikan kepada keluarga dan media yang terakreditasi," imbuh Anthony.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3679 seconds (0.1#10.140)