Lagi! AS Veto Resolusi PBB soal Gencatan Senjata Segera di Gaza

Rabu, 21 Februari 2024 - 10:07 WIB
loading...
Lagi! AS Veto Resolusi PBB soal Gencatan Senjata Segera di Gaza
Duta Besar AS untuk PBB Linda Thomas-Greenfield mengangkat tangannya untuk memblokir resolusi Aljazair yang menyerukan gencatan senjata di Gaza. Foto/mee
A A A
NEW YORK - Amerika Serikat (AS) kembali memveto rancangan resolusi Dewan Keamanan PBB yang menyerukan gencatan senjata di Gaza.

Veto ini menandai ketiga kalinya Washington memblokir tindakan tersebut sejak perang Israel di Gaza dimulai pada Oktober.

Rancangan resolusi yang diserahkan ke Dewan Keamanan PBB oleh Aljazair mendapat 13 suara mendukung, dan satu abstain dari Inggris.

Amerika adalah satu-satunya anggota Dewan Keamanan PBB, termasuk anggota tetap dan tidak tetap, yang memveto resolusi tersebut.

Langkah tersebut akan menyerukan gencatan senjata kemanusiaan segera dalam perang yang sedang berlangsung di Gaza, di mana militer Israel telah membunuh lebih dari 29.000 warga Palestina dan menghancurkan atau merusak infrastruktur sipil termasuk sekolah, tempat penampungan, tempat ibadah, dan rumah sakit.

Veto hari Selasa (20/2/2024) ini menandai keempat kalinya AS memveto seruan gencatan senjata di PBB.

Selain memblokir tiga resolusi, Washington juga memveto amandemen yang menyerukan gencatan senjata yang telah dicoba Rusia termasuk dalam resolusi Dewan Keamanan pada Desember.



Duta Besar AS untuk PBB Linda Thomas-Greenfield sebelumnya telah memperingatkan pada akhir pekan bahwa Washington akan memblokir resolusi Aljazair.

Thomas-Greenfield mengklaim tindakan tersebut dapat membahayakan kesepakatan penyanderaan yang akan menghentikan pertempuran antara Israel dan Hamas.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1564 seconds (0.1#10.140)