Dirudal Houthi Yaman, Kapal Kargo Inggris Terancam Tenggelam

Selasa, 20 Februari 2024 - 10:10 WIB
loading...
Dirudal Houthi Yaman, Kapal Kargo Inggris Terancam Tenggelam
Kapal kargo Rubymar milik Inggris telah diserang rudal oleh kelompok Houthi Yaman di Teluk Aden. Kapal itu kini terancam tenggelam. Foto/UN
A A A
SANAA - Kelompok militan Houthi Yaman menyerang kapal kargo Rubymar milik Inggris dengan tembakan rudal di Teluk Aden pada Minggu malam.

Juru bicara Houthi Yahya Saree mengatakan sekarang Rubymar sekarang berisiko tenggelam.

Menurut Saree, kapal itu sudah ditinggalkan awaknya yang menyelamatkan diri.

Dia menambahkan bahwa Houthi juga menembak jatuh pesawat tak berawak Amerika Serikat di Hodeidah.

Menurut laporan BBC, Selasa (20/2/2024), kapal Rubymar membawa pupuk yang sangat berbahaya ketika diserang. Laporan itu juga mengonfirmasi bahwa kapal tersebut telah kemasukan air.



Pemerintah Inggris mengecam apa yang mereka sebut sebagai "serangan sembrono" terhadap kapal Rubymar. "Kapal Angkatan Laut sekutu sudah berada di lokasi," katanya.

Ini adalah salah satu serangan paling merusak yang pernah dilakukan oleh kelompok Houthi yang didukung Iran, dan merupakan bukti terbaru bahwa upaya Barat untuk mencegah mereka belum berhasil.

Kelompok Houthi telah meluncurkan puluhan rudal dan drone ke kapal dagang dan kapal perang Barat di Laut Merah dan Teluk Aden sejak pertengahan November, yang menurut mereka merupakan bentuk dukungan terhadap Palestina dalam perang antara Israel dan Hamas di Gaza.

Serangan-serangan tersebut telah mendorong banyak perusahaan pelayaran untuk berhenti menggunakan jalur air penting tersebut, yang menyumbang sekitar 12 persen dari perdagangan lintas laut global.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1059 seconds (0.1#10.140)