4 Alasan Tentara Ukraina Mundur dari Avdiivka dan Memberikan Kemenangan bagi Rusia

Sabtu, 17 Februari 2024 - 21:40 WIB
loading...
4 Alasan Tentara Ukraina Mundur dari Avdiivka dan Memberikan Kemenangan bagi Rusia
Pasukan Ukraina mengalami kekelahan besar dengan mundur dari kota Avdiivka. Foto/Reuters
A A A
MOSKOW - Pasukan Ukraina mundur dari kota Avdiivka di bagian timur yang hancur. Demikian diungkapkan panglima militer Ukraina Oleksandr Syrskyi. Itu membuka jalan bagi kemajuan terbesar Rusia sejak mereka merebut kota Bakhmut pada Mei lalu.

Penarikan tersebut, yang diumumkan ketika Ukraina menghadapi kekurangan amunisi yang parah dan bantuan militer AS yang tertunda selama berbulan-bulan di Kongres, bertujuan untuk menyelamatkan pasukan dari pengepungan penuh oleh pasukan Rusia setelah pertempuran sengit selama berbulan-bulan, kata Kyiv.

Kolonel Jenderal Oleksandr Syrskyi, yang mengambil alih komando militer Ukraina dalam perombakan besar pekan lalu, mengatakan pasukan Ukraina telah kembali ke posisi yang lebih aman di luar kota, yang berpenduduk 32.000 jiwa sebelum perang.

“Saya memutuskan untuk menarik unit kami dari kota dan beralih ke pertahanan dari garis yang lebih menguntungkan untuk menghindari pengepungan dan menjaga nyawa serta kesehatan prajurit,” katanya seperti dikutip dalam pernyataan angkatan bersenjata, dilansir Reuters.

Mengapa Tentara Ukraina Mundur dari Avdiivka dan Memberikan Kemenangan bagi Rusia? 4 Alasan Tentara Ukraina Mundur dari Avdiivka dan Memberikan Kemenangan bagi Rusia

1. Banyak Tentara Ukraina Ditangkap Rusia

4 Alasan Tentara Ukraina Mundur dari Avdiivka dan Memberikan Kemenangan bagi Rusia

Foto/Reuters

Hampir dua tahun sejak invasi besar-besaran Rusia, penarikan diri tersebut merupakan tanda paling jelas tentang bagaimana gelombang perang telah menguntungkan Moskow setelah serangan balasan Ukraina gagal menembus garis pertahanan Rusia tahun lalu.

"Penarikan tersebut dilakukan sesuai rencana, namun beberapa tentara Ukraina ditangkap oleh Rusia pada tahap akhir," kata Brigadir Jenderal Oleksandr Tarnavskyi, tanpa menyebutkan berapa jumlahnya.

Tarnavskyi, komandan yang mengawasi pertempuran di Avdiivka selama berbulan-bulan, mengatakan pasukan Ukraina telah mundur ke garis pertahanan kedua.
“Pada tahap akhir operasi, di bawah tekanan kekuatan musuh yang sangat besar, sejumlah prajurit Ukraina ditangkap,” tulis Tarnavskyi di Telegram.


2. Pasukan Ukraina Mengalami Kelelahan

4 Alasan Tentara Ukraina Mundur dari Avdiivka dan Memberikan Kemenangan bagi Rusia

Foto/Reuters

Presiden Volodymyr Zelenskiy memuji pasukannya karena “melelahkan” pasukan Rusia di Avdiivka dan mengatakan dia setuju dengan keputusan mundur demi menyelamatkan nyawa.

Dalam pidatonya di Konferensi Keamanan Munich, Zelenskiy memohon kepada sekutu Baratnya untuk meningkatkan pasokan bantuan militer dan menyatakan penarikan tersebut sebagian disebabkan oleh kurangnya senjata.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1120 seconds (0.1#10.140)