Tentara Ukraina Mundur dari Avdiivka, Ini Respons Presiden Putin

Minggu, 18 Februari 2024 - 14:32 WIB
loading...
A A A
Rusia belum memberikan rincian mengenai kerugian yang dideritanya dalam pertempuran brutal tersebut, namun para pejabat Ukraina dan analis militer Barat mengatakan kemajuan yang dicapai Rusia harus dibayar dengan kerugian yang sangat besar dalam hal personel dan kendaraan lapis baja.

Telegram Putin memberikan penghormatan kepada tentara yang tewas dalam kampanye tersebut, dengan mengatakan: "Kemuliaan abadi bagi para pahlawan yang gugur dalam memenuhi tugas operasi militer khusus!"

Selain itu, tampaknya Rusia masih belum memiliki kendali penuh atas pabrik Kokas dan Kimia Avdiivka di tepi barat laut kota tersebut. Produsen minuman bersoda terbesar di Ukraina sebelum perang dan sekarang hancur, merupakan benteng terakhir Avdiivka.

“Langkah-langkah diambil untuk sepenuhnya membersihkan kota dari militan dan memblokir unit Ukraina yang telah meninggalkan kota dan bercokol di Pabrik Kokas dan Kimia Avdiivka,” kata Juru Bicara Kementerian Pertahanan Rusia Igor Konashenkov dalam sebuah video yang dipublikasikan di saluran Telegram kementerian. .

Saat berpidato di Konferensi Keamanan Munich, Zelenskiy yang memuji pasukannya karena telah “melelahkan” pasukan Rusia di Avdiivka, memohon kepada sekutu Baratnya untuk meningkatkan pasokan bantuan militer dan menyatakan bahwa penarikan tersebut sebagian disebabkan oleh kurangnya senjata.



“Sekarang, (militer) akan mengisi kembali, mereka akan menunggu senjata yang relevan, yang jumlahnya tidak cukup, tidak cukup,” katanya. “Rusia mempunyai senjata jarak jauh, sementara kita tidak mempunyai cukup senjata.”

Dalam postingannya di X, Zelenskiy menyatakan harapannya bahwa Kongres AS akan mengambil "keputusan yang bijaksana".

“Kami membahas situasi garis depan saat ini,” katanya tentang pembicaraan teleponnya dengan Biden. “Saya bersyukur mendapat dukungan penuh dari Presiden Biden.”

Zelenskiy mengatakan dia telah bertemu di Munich dengan delegasi anggota DPR AS dari Partai Republik dan Demokrat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1242 seconds (0.1#10.140)