Pemimpin Oposisi Alexei Navalny Tewas di Penjara Rusia, Pendukung: Dia Dibunuh!

Minggu, 18 Februari 2024 - 08:13 WIB
loading...
A A A
Dia adalah korban dugaan upaya pembunuhan pada tahun 2020 ketika dia menderita keracunan yang diduga agen saraf Novichok.

Navalny ditahan di koloni hukuman IK-3, yang juga dikenal sebagai "Polar Wolf", di Kharp, Rusia—salah satu penjara terberat di negara itu.

Para pejabat mengatakan Navalny melaporkan merasa tidak enak badan setelah berjalan-jalan di penjara tempat dia dipenjara di Siberia sebelum kehilangan kesadaran dan meninggal.

Yarmysh bukanlah orang pertama yang membuat klaim pembunuhan terkait kematian Navalny yang sangat mencurigakan.

Sejumlah pemimpin dunia dan pakar hubungan internasional menyalahkan rezim Putin atas kematian yang sangat mencurigakan tersebut.

Presiden Amerika Serikat Joe Biden telah berkomentar atas kematian Navalny. "Kita tidak tahu persis apa yang terjadi, tetapi tidak ada keraguan bahwa kematian Navalny adalah konsekuensi dari tindakan yang dilakukan Putin dan para premannya," katanya.

Menteri Luar Negeri Antony Blinken mengatakan; “Kematian Navalny di penjara Rusia dan keterikatan serta ketakutan terhadap satu orang hanya menggarisbawahi kelemahan dan kebusukan di jantung sistem yang telah dibangun Putin.”

Menurut laporan AP, setiap kali Putin berbicara tentang Navalny, dia menegaskan untuk tidak pernah menyebut nama aktivis tersebut, menyebutnya sebagai "orang itu" atau kata-kata serupa, sebagai upaya untuk mengurangi arti penting dirinya.
(mas)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1286 seconds (0.1#10.140)