Ukraina Klaim Tembak Jatuh 3 Jet Tempur Rusia dalam Sehari

Minggu, 18 Februari 2024 - 07:41 WIB
loading...
Ukraina Klaim Tembak Jatuh 3 Jet Tempur Rusia dalam Sehari
Ukraina klaim telah menembak jatuh tiga jet tempur Rusia sekaligus pada Sabtu (17/2/2024). Foto/Aviation
A A A
KYIV - Militer Ukraina mengeklaim pasukannya telah menembak jatuh tiga jet tempur Rusia dalam sehari pada Sabtu (17/2/2024).

Komandan Angkatan Udara Mykola Oleshchuk mengatakan ketiga pesawat musuh yang ditembak jatuh adalah dua pesawat pengebom tempur Su-34 Rusia dan satu pesawat tempur Su-35.

“Pada pagi hari tanggal 17 Februari 2024, di (sektor) timur, satuan Angkatan Udara Angkatan Bersenjata Ukraina menghancurkan tiga pesawat musuh sekaligus—dua pesawat pengebom tempur Su-34 dan satu pesawat tempur Su-35,” kata Oleshchuk di Telegram, yang dilansir Reuters, Minggu (18/2/2024).



Klaim tersebut belum dapat diverifikasi secara independen. Rusia juga belum berkomentar.

Jika klaim Kyiv tersebut terkonfirmasi, maka itu menjadi kerugian besar bagi Moskow karena nilai total dari ketiga jet tempur tersebut mencapai lebih dari USD100 juta.

Sejak menerima sistem pertahanan udara canggih dari Barat, Kyiv telah mampu mengerahkan senjata-senjata tersebut untuk menimbulkan ancaman yang semakin besar terhadap penerbangan Rusia di daerah dekat garis depan menjelang peringatan dua tahun invasi Moskow.

Pada bulan Desember, Ukraina merencanakan kisah sukses serupa, di mana pasukannya melenyapkan tiga pesawat pengebom tempur Su-34 Rusia dalam dua hari.

The Institute for the Study of War melaporkan bahwa Angkatan Udara Rusia mundur sebagai respons.

Keberhasilan pada bulan Desember diperkirakan dimungkinkan oleh sistem rudal Patriot yang dipasok oleh Barat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0912 seconds (0.1#10.140)