Rusia Rebut Kota Avdiivka dari Ukraina, Putin Sebut Kemenangan Penting

Minggu, 18 Februari 2024 - 07:15 WIB
loading...
Rusia Rebut Kota Avdiivka dari Ukraina, Putin Sebut Kemenangan Penting
Pasukan Rusia berhasil merebut Kota Avdiivka dari pasukan Ukraina. Presiden Rusia Vladimir Putin menyebutnya sebagai kemenangan penting. Foto/REUTERS
A A A
MOSKOW - Presiden Rusia Vladimir Putin memuji pasukannya yang berhasil merebut kota Avdiivka di Ukraina timur sebagai kemenangan penting.

Kota itu jatuh ke tangan pasukan Moskow setelah pasukan Kyiv menarik diri secara tergesa-gesa.

Perebutan kota tersebut menandai perolehan teritorial paling signifikan bagi pasukan Rusia sejak perebutan Bakhmut pada Mei tahun lalu.

“Presiden mengucapkan selamat kepada militer dan petempur kami atas kemenangan penting ini, atas keberhasilan tersebut,” kata juru bicara Kremlin Dmitry Peskov, seperti dikutip AFP, Minggu (18/2/2024).



Menteri Pertahanan Sergei Shoigu memberi tahu Putin tentang perebutan kota itu dalam sebuah pertemuan di Kremlin. Demikian disampaikan Kementerian Pertahanan Rusia dalam sebuah pernyataan.

"Avdiivka adalah pusat pertahanan yang kuat bagi angkatan bersenjata Ukraina dan penaklukannya akan memindahkan garis depan dari (kota) Donetsk, sehingga mengurangi kemampuan Ukraina untuk menyerang benteng Rusia," papar kata kementerian tersebut.

Wilayah Donetsk di Ukraina adalah satu dari empat wilayah yang diklaim Rusia telah dianeksasi.

Moskow melancarkan serangan gencar untuk merebut Avdiivka, yang terletak sekitar 10 kilometer (6 mil) utara kota Donetsk, Oktober lalu, mengerahkan sumber daya peralatan dan pasukan dalam jumlah besar ke kota tersebut.

Pertempuran Avdiivka menjadi salah satu episode paling berdarah dalam konflik dua tahun tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0966 seconds (0.1#10.140)