Pasukan Ukraina Mundur dari Kota Penting Donbass

Sabtu, 17 Februari 2024 - 09:15 WIB
loading...
Pasukan Ukraina Mundur dari Kota Penting Donbass
Presiden Vladimir Zelensky mengunjungi garis depan kota Avdeevka di Donbass pada 29 Desember 2023. Foto/Telegram/V_Zelenskiy_official
A A A
KIEV - Pasukan Ukraina telah diperintahkan meninggalkan kota Avdeevka, menurut panglima tertinggi Kiev yang baru diangkat, Jenderal Aleksandr Syrsky.

Dia mengklaim keputusan tersebut dimaksudkan untuk menjaga “nyawa dan kesehatan” tentara setelah berbulan-bulan upaya putus asa mempertahankan kota garis depan dekat Donetsk Rusia itu.

Jenderal Aleksandr Syrsky mengumumkan penarikan tersebut dalam pernyataan yang dibagikan ke media sosial pada Sabtu dini hari (17/2/2024).

Dia beralasan penarikan tersebut adalah bagian dari “langkah untuk menstabilkan situasi dan mempertahankan posisi kami.”

“Berdasarkan situasi operasional di sekitar Avdiivka, untuk menghindari pengepungan dan menjaga nyawa serta kesehatan prajurit, saya memutuskan menarik unit kami dari kota dan beralih ke pertahanan di jalur yang lebih menguntungkan,” papar dia.

Perintah tersebut menyusul laporan pasukan Ukraina di wilayah tersebut hampir seluruhnya terkepung dan menghadapi serangan yang hampir terus-menerus dalam beberapa hari terakhir.

Seorang komandan setempat mengatakan pertempuran di wilayah tersebut “beberapa kali lebih mengerikan daripada pertempuran terpanas pada fase perang ini.”



Dia merujuk pada perebutan kota Artyomovsk (juga dikenal sebagai Bakhmut di Ukraina) sebelumnya, yang jatuh ke tangan pasukan Rusia tahun lalu setelah pengepungan yang panjang.

Keputusan meninggalkan Avdeevka terjadi kurang dari 24 jam setelah kepala pasukan Ukraina di bagian selatan wilayah Donetsk dan Zaporozhye Rusia, Aleksandr Tarnavsky, mengklaim situasi di kota itu “sulit tetapi terkendali” pada Jumat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1064 seconds (0.1#10.140)