ISIS Serbu Rumah Komandan Taliban Afghanistan, Belasan Tewas

Selasa, 17 Juli 2018 - 23:53 WIB
ISIS Serbu Rumah Komandan Taliban Afghanistan, Belasan Tewas
ISIS Serbu Rumah Komandan Taliban Afghanistan, Belasan Tewas
A A A
KABUL - Anggota ISIS dilaporkan menyerang rumah seorang komandan Taliban, yang tengah menggelar acara doa bersama, di Provinsi Sar-e Pul di utara Afghanistan. Belasan orang dikabarkan tewas dalam serangan itu.

Kantor Gubernur Sar-e Pul membenarkan adanya serangan itu dan menyatakan bahwa serangan itu dilakukan oleh dua orang anggota ISIS. Semua yang tewas, menurut kantor Gubernur Sar-e Pul, adalah anggota Taliban.

"Dua anggota ISIS memasuki rumah komandan Taliban, di mana acara sedang berlangsung dan melepaskan tembakan. 15 anggota Taliban tewas dan lima lainnya luka-luka," kata Zabihullah Amani, juru bicara kantor Gubernur Sar-e-Pul, seperti dilansir Reuters pada Selasa (17/7).

Afganistan utara telah menjadi salah satu wilayah utama kegiatan ISIS di Afghanistan, ketika gerakan itu telah menyebar melampaui basis asalnya di provinsi timur Nangarhar.

Sebagian anggota ISIS di Afghanistan sejatinya adalah mantan anggota Taliban. Salah satu komandan ISIS di Afghanistan, Saba Gul atau Mohammad Khorasani pada awalnya adalah seorang petinggi Taliban.

Khorasani sendiri diketahui telah tewas dalam serangan drone di Nangarhar, kemarin. "Sebagai mantan komandan Taliban, Khorasani berpindah ke ISIS setelah kelompok itu pertama kali muncul di Nangarhar pada akhir 2014 dan bertanggung jawab atas ratusan kematian," kata juru bicara Gubernur Nangarhar, Attaullah Khogyani.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5118 seconds (0.1#10.140)