Moskow Berharap Pertemuan Putin-Trump Perbaiki Hubungan Rusia-AS

Senin, 16 Juli 2018 - 20:05 WIB
Moskow Berharap Pertemuan Putin-Trump Perbaiki Hubungan Rusia-AS
Moskow Berharap Pertemuan Putin-Trump Perbaiki Hubungan Rusia-AS
A A A
MOSKOW - Kremlin berharap pertemuan antara Presiden Rusia, Vladimir Putin dan Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump dapat memperbaiki hubungan antara Moskow dan Washington.

"Inilah yang kami harapkan, bahwa pertemuan ini akan memungkinkan kami untuk membuat setidaknya satu langkah kecil untuk menjauhi krisis, yang saat ini dihadapi oleh kami," kata juru bicara Kremlin, Dmitry Peskov, seperti dilansir Sputnik pada Senin (16/7).

Peskov kemudian menyatakan, Rusia tidak terkejut oleh prinsip yang diproklamasikan oleh Trump, yang menyatakan bahwa kepentingan AS adalah hal utama bagi Washington. Dia menyebut prinsip serupa juga dipegang oleh Putin, bahwa kepentingan Rusia adalah segalanya bagi Moskow.

"Prinsip ini relevan untuk kepala negara, karena setiap kepala negara dalam kontak dengan mitra asing pasti akan membela kepentingan negaranya sendiri, dan dalam hal ini presiden kita sangat pragmatis, terbuka dan sangat konsisten, dia selalu mengatakan bahwa kepentingan Rusia dan orang-orang Rusia adalah yang paling penting baginya, dan karena itu ia menghormati fakta bahwa pandangan dunianya sama-sama dimiliki oleh Donald Trump dalam hubungannya dengan negaranya," ucapnya.

"Hal lain adalah bahwa pendekatan semacam itu hanya dapat dilakukan dalam kombinasi dengan prinsip lain - ketika pendekatan semacam itu didasarkan pada komitmen untuk mengembangkan kerjasama yang saling menguntungkan dengan mempertimbangkan kepentingan masing-masing. Ini semua bersama-sama dapat memberikan prasyarat tertentu untuk pengembangan kerjasama," sambungnya.

Dia menambahkan, Putin dan Trump saling menghormati dan keduanya berharap pertemuan yang akan berlangsung di Ibu Kota Filandia, Helsinki dapat membawa hal positif untuk kedua negara.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4635 seconds (0.1#10.140)