Nasihat Iran ke Saudi: Intervensi AS dan Dukungan ke Israel Picu Krisis Timur Tengah

Rabu, 14 Februari 2024 - 18:21 WIB
loading...
A A A
Negara-negara di kawasan ini mempunyai kepentingan dan tantangan yang sama, sehingga mereka harus hidup berdampingan secara damai dan memiliki pemahaman yang sama mengenai masalah keamanan, tambahnya.

Ashtiani lebih lanjut menyatakan kesiapan penuh Teheran untuk mengadakan pembicaraan pertahanan dan keamanan dengan Arab Saudi dan negara-negara Arab lainnya di kawasan Teluk Persia.

Sementara itu, Menteri Pertahanan Iran menyoroti bahwa angkatan bersenjata Iran dan Saudi dapat bekerja sama satu sama lain di bidang militer, keamanan, intelijen, dan teknis.

Kementerian Pertahanan Iran siap memperluas hubungan pertahanan, militer dan teknis dengan Arab Saudi, katanya, seraya menambahkan bahwa kerja sama tersebut akan melayani kepentingan kedua negara dan meningkatkan keamanan dan stabilitas di kawasan.

Anzi menggambarkan Iran dan Arab Saudi sebagai dua negara sahabat dan bersaudara dan menggarisbawahi perlunya meningkatkan kerja sama bilateral di berbagai bidang, termasuk pertahanan dan teknis.

Maret lalu, Iran dan Arab Saudi sepakat berdasarkan kesepakatan yang ditengahi China untuk memulihkan hubungan diplomatik yang terputus pada tahun 2016.

Dalam pernyataan bersama setelah penandatanganan pakta tersebut, Teheran dan Riyadh menyoroti perlunya menghormati kedaulatan nasional satu sama lain dan menahan diri untuk tidak mencampuri urusan dalam negeri satu sama lain.

Mereka sepakat untuk melaksanakan perjanjian kerja sama keamanan yang ditandatangani pada bulan April 2001 dan perjanjian lain yang dicapai pada bulan Mei 1998 untuk meningkatkan kerja sama ekonomi, komersial, investasi, teknis, ilmu pengetahuan, budaya, olahraga, dan urusan pemuda.

(ahm)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1089 seconds (0.1#10.140)