Nasihat Iran ke Saudi: Intervensi AS dan Dukungan ke Israel Picu Krisis Timur Tengah

Rabu, 14 Februari 2024 - 18:21 WIB
loading...
Nasihat Iran ke Saudi: Intervensi AS dan Dukungan ke Israel Picu Krisis Timur Tengah
AS kerap melakukan intervensi sebagai dukungan kepada Israel yang memicu krisis besar di Timur Tengah. Foto/Reuters
A A A
TEHERAN - Menteri Pertahanan Iran Brigadir Jenderal Mohammad-Reza Ashtiani telah memperingatkan bahwa dukungan Amerika Serikat terhadap Israel dalam genosida terhadap warga Palestina di Jalur Gaza dapat menyebabkan “krisis besar” di Timur Tengah. Nasihat itu diungkapkan saat Ashtiani bertemu dengan Duta Besar Arab Saudi untuk Teheran Abdullah bin Saud al-Anzi pada 13 Februari 2024.

Ashtiani menyampaikan pernyataan tersebut dalam pertemuan dengan Duta Besar Arab Saudi untuk Iran Abdullah bin Saud al-Anzi di Teheran pada hari Selasa, ketika kekhawatiran berkembang mengenai dampak perang Gaza yang didukung Israel, yang telah berlangsung selama lebih dari empat bulan.

“Kondisi di wilayah ini saat ini sensitif dan kompleks,” katanya, dilansir Press TV. “Intervensi dan dukungan Amerika dan Barat dapat memperumit kondisi keamanan di kawasan dan menyebabkan krisis regional yang besar.”

Menteri Pertahanan lebih lanjut mengutuk genosida dan kejahatan perang Israel di Gaza, menekankan bahwa rezim Zionis belum mencapai dan tidak akan mencapai tujuan yang dinyatakannya di wilayah Palestina yang terkepung.

“Palestina adalah isu utama dunia Islam dan seluruh dunia. Penting bagi negara-negara Muslim, khususnya negara-negara regional yang penting, untuk bertindak tegas dan mengambil sikap yang lebih terkoordinasi dalam hal ini untuk memenuhi kewajiban agama dan kemanusiaan mereka.”

Israel melancarkan perang brutalnya di Gaza pada tanggal 7 Oktober setelah kelompok perlawanan Hamas Palestina melakukan operasi bersejarah terhadap entitas pendudukan sebagai pembalasan atas kekejaman yang semakin intensif terhadap rakyat Palestina.

Sejauh ini, rezim yang berkuasa telah membunuh sedikitnya 28.473 warga Palestina, sebagian besar perempuan dan anak-anak, dan melukai 68.146 lainnya.

Lebih lanjut dalam sambutannya, Ashtiani mengatakan bahwa Iran dan Arab Saudi, sebagai dua negara Muslim dan aktor penting, memainkan peran efektif dalam meningkatkan keamanan dan stabilitas regional.

Dia juga menekankan bahwa Republik Islam mengupayakan pengembangan hubungan dan interaksi konstruktif dengan negara-negara kawasan.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1042 seconds (0.1#10.140)