Israel Klaim Menemukan Terowongan Bawah Tanah Milik Pemimpin Hamas Yahya Sinwar

Rabu, 14 Februari 2024 - 16:02 WIB
loading...
A A A
Sinwar digambarkan sebagai orang paling dicari Israel di Gaza. Militer Israel telah menyatakan dia sebagai “orang mati berjalan,” menjulukinya dalam salah satu profil sebagai “Penjagal dari Khan Younis” karena dugaan perannya dalam merencanakan serangan tanggal 7 Oktober.

Pada bulan Desember, IDF mengepung rumah Sinwar tetapi tidak menemukannya, dan kemudian mengatakan bahwa dia diyakini bersembunyi di bawah tanah. Seorang penasihat Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu kemudian mengatakan bahwa “hanya masalah waktu sebelum kita menangkapnya.”

Namun, Sinwar tetap sulit ditangkap, meskipun Israel melakukan serangan intensif terhadap Khan Younis, kampung halamannya.



Pada tanggal 6 Februari, IDF mengatakan mereka masih mengejar keberadaan Sinwar – dan para pemimpin kelompok militan lainnya di Gaza, dengan Brigadir Jenderal Dan Goldfuss, komandan Divisi 98 IDF, mengatakan dia yakin pasukannya akan “menangkap mereka.” Saat itu, dia tidak menjawab ketika ditanya apakah dia bisa yakin bahwa Sinwar masih berada di Gaza.

IDF juga merilis video kedua yang menurut mereka menunjukkan pasukan Israel di bagian terowongan Hamas tempat mereka yakin Sinwar bersembunyi.

Dalam video tersebut, seorang tentara yang wajahnya diburamkan mengatakan bahwa mereka berada di “tempat persembunyian utama” Sinwar dan mengklaim bahwa pemimpin Hamas ada di sana “baru-baru ini.” Video tersebut juga menunjukkan kamar mandi, dapur dan kamar tidur, dan tentara tersebut mengatakan bahwa tentara juga menemukan “jutaan syikal dan dolar di brankas dan dana lainnya yang tersebar di luar sini.”

“Mereka melarikan diri ketika mendengar IDF mendekati mereka. Mereka tahu kami akan datang sehingga mereka melarikan diri,” kata tentara tersebut dalam video.

Israel Klaim Menemukan Terowongan Bawah Tanah Milik Pemimpin Hamas Yahya Sinwar

Foto/X/COGAT

CNN tidak dapat memverifikasi secara independen klaim yang dibuat oleh tentara dalam video tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1226 seconds (0.1#10.140)