Israel Klaim Menemukan Terowongan Bawah Tanah Milik Pemimpin Hamas Yahya Sinwar

Rabu, 14 Februari 2024 - 16:02 WIB
loading...
Israel Klaim Menemukan Terowongan Bawah Tanah Milik Pemimpin Hamas Yahya Sinwar
Israel klaim menemukan terowongan bawah tanah milik Yahya Sinwar. Foto/X/COGAT
A A A
GAZA - Kantor Koordinasi Israel untuk Kegiatannya di Palestina (COGAT) telah merilis rekaman yang menunjukkan “terowongan mewah” di mana pemimpin Hamas di Gaza Yahya Sinwar tinggal bersama keluarganya hingga saat ini. Namun, Israel tidak berhasil menangkap Yahya Sinwar.

“Sinwar bersembunyi di bawah tanah di sebuah terowongan mewah, penuh dengan makanan dan bantuan kemanusiaan yang diperuntukkan bagi warga sipil, senjata, dan tumpukan jutaan uang tunai. Dia bersembunyi dengan nyaman, tidak peduli apa yang dialami warga Gaza di atas tanah,” tulis COGAT di X, dilansir Al Jazeera.

Juru bicara militer Israel Daniel Hagari juga mengkonfirmasi sebelumnya bahwa mereka telah mencapai kompleks tersebut, tempat tinggal Sinwar tinggal dalam “kondisi baik”.

“Mereka memiliki makanan dan kamar mandi, serta brankas dengan kekayaan pribadi senilai jutaan NIS [Shekel Baru Israel] dan dolar,” katanya.

Israel secara terbuka menuduh Sinwar sebagai “dalang” di balik serangan Hamas terhadap Israel pada tanggal 7 Oktober – meskipun para ahli mengatakan dia kemungkinan besar adalah salah satu dari beberapa orang – menjadikannya salah satu target utama perang mereka di Gaza.

Saat mengungkap video tersebut pada konferensi pers hariannya, juru bicara Pasukan Pertahanan Israel (IDF) Daniel Hagari mengatakan rekaman tersebut telah ditangkap oleh kamera CCTV Hamas pada 10 Oktober dan diperoleh IDF dalam beberapa hari terakhir.

“Begitulah cara dia melarikan diri bersama keluarganya ke bawah tanah melalui terowongan menuju salah satu kompleks akomodasi aman yang telah dia bangun sebelumnya,” lanjut Hagari.

Israel Klaim Menemukan Terowongan Bawah Tanah Milik Pemimpin Hamas Yahya Sinwar

Foto/X/COGAT

CNN tidak dapat memverifikasi secara independen bahwa Sinwar adalah orang yang terlihat dalam video tersebut, atau kapan video tersebut direkam, dan IDF tidak memberikan bukti tambahan untuk mendukung klaim mereka.

Hagari menambahkan bahwa video tersebut adalah “hasil perburuan kami” terhadap Sinwar dan “perburuan tidak akan berhenti sampai dia ditangkap, hidup atau mati. Kami bertekad untuk menangkapnya. Kami akan menangkapnya.”
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1659 seconds (0.1#10.140)