Memanas, Korea Utara Luncurkan Beberapa Rudal Jelajah dari Pantai Timur

Rabu, 14 Februari 2024 - 10:40 WIB
loading...
Memanas, Korea Utara Luncurkan Beberapa Rudal Jelajah dari Pantai Timur
Kapal Korut menembakkan rudal jelajah pada 21 Agustus 2023. Foto/kcna
A A A
PYONGYANG - Korea Utara (Korut) menembakkan beberapa rudal jelajah di lepas pantai timurnya menuju Laut Jepang pada Rabu pagi (14/2/2024).

Kantor berita Korea Selatan Yonhap melaporkan penembakkan itu, mengutip Kepala Staf Gabungan Korea Selatan (JCS).

“JCS mendeteksi peluncuran rudal dalam jumlah yang tidak ditentukan sekitar pukul 09.00 waktu setempat (00.00 GMT) di perairan timur laut kota pelabuhan Wonsan di Korea Utara,” ungkap laporan itu.

Laporan tersebut mengutip JSC yang mengatakan, “Militer Korea Selatan telah berkoordinasi erat dengan Amerika Serikat untuk memantau tanda-tanda tambahan provokasi Korea Utara sambil memperkuat pemantauan dan kewaspadaan kami.”

“Penembakan rudal tersebut menandai peluncuran rudal jelajah kelima pada tahun 2024,” papar laporan itu.

Sebelumnya pada Januari, Badan Rudal Korea Utara melakukan uji coba pertama “rudal jelajah strategis tipe baru Pulhwasal-3-31” yang masih dalam pengembangan, menurut laporan kantor berita milik pemerintah Korea Utara, KCNA.

“Peluncuran rudal jelajah tersebut tidak berdampak pada keamanan negara-negara tetangga dan tidak ada hubungannya dengan situasi regional,” ungkap laporan itu.



“Peluncuran rudal tersebut adalah proses pembaruan sistem senjata secara terus-menerus, yang merupakan kegiatan rutin dan wajib dari pemerintah dan lembaga-lembaga ilmu pertahanan yang berafiliasi dengannya,” papar laporan KCNA mengutip pernyataan pemerintah.

Pekan lalu, juru bicara Kementerian Pertahanan Nasional Korea Utara mengatakan Pyongyang telah menguji “sistem senjata nuklir bawah air Haeil-5-23” yang masih dalam tahap pengembangan di Laut Jepang sebagai tanggapan terhadap latihan gabungan angkatan laut oleh Amerika Serikat, Korea Selatan dan Jepang yang melibatkan kapal induk nuklir AS dan kapal perang lainnya.
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0769 seconds (0.1#10.140)