Ini Strategi Utama Xi Jinping yang Menjadikan China sebagai Raksasa Dunia

Senin, 12 Februari 2024 - 22:22 WIB
loading...
A A A
Pada saat Hu Jintao berubah, sebagian besar masyarakat China memiliki kehidupan yang jauh lebih baik tetapi ada juga yang menginginkan lebih dan siap menggunakan cara-cara yang tidak bermoral untuk mendapatkannya, sehingga meningkatkan penipuan dalam skala luas.

Sekarang sepertinya Presiden Xi telah kembali ke cara Mao dalam melakukan sesuatu, memberikan penekanan besar pada loyalitas Partai untuk memperbaiki masalah.

Dan melalui Partai Komunis China lah kampanye-kampanye ini diluncurkan, dengan investigasi yang berkisar pada dugaan pelanggaran peraturan Partai Komunis Tiongkok. Ini sebenarnya adalah masalah politik terorganisir dimana Partai Komunis Tiongkok menjalankan penyelidikan sesuai keinginannya.

Hal ini dapat terjadi karena sebagian besar orang yang menduduki posisi tinggi di masyarakat China adalah anggota Partai Komunis – baik di lembaga keuangan, organisasi olahraga, departemen pemerintah, atau universitas.

Selama proses ini, tim dari Komisi Pemberantasan Korupsi yang ditakuti justru membuat orang menghilang.

Secara teori, keluarga mereka seharusnya diberi tahu sebelum mereka dibawa untuk diinterogasi di lokasi rahasia, namun tidak ada jaminan hal ini akan terjadi.

Ini Strategi Utama Xi Jinping yang Menjadikan China sebagai Raksasa Dunia

Foto/Reuters

Meskipun hal ini dimaksudkan untuk membersihkan interaksi ekonomi sehingga berjalan lebih lancar, tindakan keras ini bisa saja mempunyai dampak sebaliknya.

“Hal ini mengurangi insentif untuk menjadi kreatif, berwirausaha, dan berani mengambil risiko, yang telah menjadi kekuatan pendorong pertumbuhan ekonomi [China] sejak tahun 1979,” kata ilmuwan politik Lynette Ong dari Universitas Toronto kepada BBC.

Kadang-kadang istilah ini mengacu pada mereka yang berusia 20-an yang keluar dari "perlombaan tikus", saat tinggal di rumah orang tua mereka dan menghabiskan waktu berjam-jam bermain video game tanpa ambisi besar dalam hidup karena mereka tidak dapat melihat masa depan yang positif.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1549 seconds (0.1#10.140)