Tugas Menteri Pertahanan dilimpahkan ke Deputi, Apakah Keamanan Nasional AS Dipertaruhkan?

Senin, 12 Februari 2024 - 17:09 WIB
loading...
Tugas Menteri Pertahanan dilimpahkan ke Deputi, Apakah Keamanan Nasional AS Dipertaruhkan?
Menhan AS Llyod Austin menderita sakit dan tugasnya dilimpahkan tugasnya ke deputi. Foto/Reuters
A A A
WASHINGTON - Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS) Lloyd Austin telah mengalihkan tugas kepada wakilnya saat berada di rumah sakit karena masalah kandung kemih yang muncul. Itu merupakan insiden kesekian kalinya pelimpahan tugas yang bisa saja mengancam keamanan nasional AS.

Kenapa?

AS menghadapi perang melawan Houthi di Yaman. Selain itu, Washington juga melancarkan perang langsung dengan milisi pro-Iran di Irak dan Suriah. Selain itu, ribuan pengungsi ilegal juga terus menyerbu perbatasan AS.

Austin, 70, berada di unit perawatan kritis di Pusat Medis Militer Nasional Walter Reed di Virginia.

Para pejabat mengatakan sejauh ini belum jelas berapa lama dia akan dirawat di rumah sakit.

Menteri Pertahanan berada di bawah pengawasan karena gagal mengungkapkan diagnosis kanker prostat dan rawat inapnya di rumah sakit pada bulan Desember dan Januari.



Pada Minggu sore, Pentagon mengeluarkan pernyataan yang mengatakan Austin telah dibawa ke Walter Reed untuk perawatan, dan menambahkan bahwa Gedung Putih dan pejabat senior pertahanan telah diberitahu.

Beberapa jam kemudian, sekitar pukul 16:55 waktu setempat, Pentagon merilis pernyataan kedua yang mengatakan Austin telah "mentransfer fungsi dan tugas kantornya" kepada Wakil Menteri Pertahanan Kathleen Hicks.

Pada hari Minggu kemudian, rumah sakit memberikan informasi terbaru, mengatakan bahwa, setelah tes, sekretaris tersebut telah dirawat di unit perawatan kritis “untuk perawatan suportif dan pemantauan ketat”.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0944 seconds (0.1#10.140)