10 Negara dengan Pekerja Paling Bahagia di Dunia

Minggu, 11 Februari 2024 - 18:18 WIB
loading...
10 Negara dengan Pekerja Paling Bahagia di Dunia
Mayoritas negara di Eropa memiliki pekerja yang bahagia. Foto/Reuters
A A A
LONDON - Pengusaha dan pekerja saling tarik menarik mengenai masa depan keseimbangan kehidupan kerja, dengan perbedaan prioritas dan preferensi yang semakin terlihat.

Sebuah studi yang dilakukan oleh Randstad mengungkapkan bahwa meskipun 56% pekerja masih merasa ambisius, hampir setengahnya (47%) kini lebih tertarik untuk mencapai keseimbangan dan rasa memiliki dibandingkan menaiki tangga karier. Fleksibilitas dan dukungan kesehatan mental menjadi hal yang terpenting, dengan 37% karyawan bersedia berhenti jika diminta untuk menghabiskan lebih banyak waktu di kantor, dan 39% bersikeras bahwa pekerjaan jarak jauh tidak dapat dinegosiasikan.

Meskipun ada desakan dari beberapa perusahaan untuk kembali bekerja di kantor, kondisi pengaturan kerja masih terus berubah. Peluang kerja jarak jauh dan hibrida dengan gaji tinggi telah menurun, sementara lowongan kerja tatap muka meningkat. Namun, sebagian besar perusahaan masih mempertahankan model kerja hybrid, dengan hanya 4% CEO di AS yang memprioritaskan kembali ke kantor penuh waktu.

Menurut survei Ford yang dilakukan terhadap 16.086 karyawan di 16 negara, termasuk Perancis, Amerika Serikat, Brasil, dan Tiongkok, secara mengejutkan 52% responden bersedia menerima pemotongan gaji sebesar 20% demi keseimbangan kehidupan kerja yang lebih baik. Khususnya, generasi muda lebih cenderung melakukan trade-off ini dibandingkan dengan generasi yang lebih tua.

10 Negara dengan Pekerja Paling Bahagia di Dunia

1. Selandia Baru

10 Negara dengan Pekerja Paling Bahagia di Dunia

Foto/Reuters

Keseimbangan Kehidupan Kerja: 1

Kebahagiaan: 4

Peringkat Rata-rata: 2,5

Melansir Insider Monkey, Selandia Baru meraih skor tertinggi sebesar 79,35 untuk keseimbangan kehidupan kerja, dengan cuti tahunan selama 32 hari, sistem layanan kesehatan universal yang didanai pemerintah, dan perekonomian

2. Norwegia

10 Negara dengan Pekerja Paling Bahagia di Dunia

Foto/Reuters

Keseimbangan Kehidupan Kerja: 6

Kebahagiaan: 3

Peringkat Rata-rata: 4,5

Melansir Insider Monkey, Norwegia memiliki keseimbangan kehidupan kerja yang baik dengan hanya 1% karyawan yang bekerja dengan jam kerja yang sangat panjang dalam pekerjaan berbayar.

Pekerja penuh waktu mendedikasikan 65% waktunya, sekitar 15,7 jam, untuk perawatan pribadi dan waktu luang. Norwegia juga merupakan salah satu negara dengan pendidikan terbaik.


3. Australia

Keseimbangan Kehidupan Kerja: 4

Kebahagiaan: 5

Peringkat Rata-rata: 4,5

Melansir Insider Monkey, Australia memiliki kualitas hidup yang tinggi dengan populasi sekitar 26 juta orang. Angka harapan hidup adalah 81 tahun untuk pria dan 85 tahun untuk wanita. Selandia Baru adalah negara dengan pekerja paling bahagia di dunia.

4. Denmark

Keseimbangan Kehidupan-Kerja: 5

Kebahagiaan: 6

Peringkat Rata-rata: 5,5

Melansir Insider Monkey, Denmark, khususnya Kopenhagen, menduduki peringkat kota terbaik dunia untuk keseimbangan kehidupan kerja dan gaji yang kompetitif dalam laporan MoneyNerd. Kopenhagen memiliki gaji rata-rata USD44,474 dan peringkat keseimbangan kehidupan kerja 8,6 dari 10, menjadikannya pilihan utama bagi mereka yang mencari lingkungan kehidupan kerja yang seimbang.

5. Kanada

10 Negara dengan Pekerja Paling Bahagia di Dunia

Foto/Reuters

Keseimbangan Kehidupan Kerja: 9

Kebahagiaan: 3

Peringkat Rata-rata: 6

Pada tahun 2022, sekitar 65% orang Kanada melaporkan mencapai keseimbangan kehidupan kerja dan kehidupan yang lebih baik, menurut jajak pendapat yang dilakukan oleh Ipsos. Survei tersebut mengungkapkan bahwa dua pertiga pekerja di Kanada merasa mereka telah berhasil mencapai keseimbangan kehidupan kerja dan kehidupan yang lebih diinginkan.

Data tersebut juga menunjukkan bahwa 70% dari mereka yang bekerja jarak jauh tidak ingin kembali ke kantor secara rutin pada tahun 2023.

6. Belanda

Keseimbangan Kehidupan Kerja: 7

Kebahagiaan: 7

Peringkat Rata-rata: 7

Di OECD, Belanda terkenal dengan keseimbangan kehidupan kerja yang luar biasa, dengan hanya 0,3% karyawan yang mendedikasikan jam kerja yang sangat panjang untuk pekerjaan berbayar. Pekerja penuh waktu di Belanda biasanya menyisihkan 64% waktunya, sekitar 15,4 jam, untuk aktivitas pribadi dan rekreasi.

7. Swedia

10 Negara dengan Pekerja Paling Bahagia di Dunia

Foto/Reuters

Keseimbangan Kehidupan Kerja: 11

Kebahagiaan: 4

Peringkat Rata-rata: 7,5

Melansir Insider Monkey, Swedia memiliki keseimbangan kehidupan kerja yang luar biasa, memprioritaskan dukungan keluarga. Sekolah taman kanak-kanak yang terjangkau menawarkan pengasuhan bagi anak-anak berusia satu tahun, sehingga orang tua dapat kembali bekerja setelah cuti sebagai orang tua.

Pendidikan wajib yang dibiayai pajak dari usia enam hingga 19 tahun sering kali mencakup penyediaan makan siang. Badan Asuransi Sosial Swedia memberikan kompensasi kepada orang tua yang memiliki anak di bawah usia 12 tahun untuk cuti merawat anak yang sakit. Lingkungan yang ramah keluarga ini telah menjadikan Stockholm diakui sebagai salah satu kota utama dalam hal lapangan kerja.

8. Prancis

Keseimbangan Kehidupan-Kerja: 3

Kebahagiaan: 12

Peringkat Rata-rata: 7,5

Melansir Insider Monkey, Prancis, khususnya Paris, memiliki keseimbangan kehidupan kerja yang kuat, menempati peringkat ketiga secara global dengan skor 75,34 dari 100. Negara ini memiliki asuransi publik universal, skor kebahagiaan yang tinggi, dan rata-rata jam kerja dalam seminggu 25,6 jam, dengan inklusivitas LGBTQ+.

9. Finlandia

10 Negara dengan Pekerja Paling Bahagia di Dunia

Foto/Reuters

Keseimbangan Kehidupan Kerja: 15

Kebahagiaan: 1

Peringkat Rata-rata: 8

Di Finlandia, hari kerja delapan jam merupakan standar, disertai dengan liburan musim panas tahunan yang dibayar selama empat minggu, sering kali pada bulan Juli. Banyak bidang menawarkan cuti tahunan minimal 30 hari yang dibayar menurut undang-undang. Finlandia adalah salah satu negara dengan tunjangan kerja terbaik.

10. Inggris Raya

Keseimbangan Kehidupan Kerja: 8

Kebahagiaan: 9

Peringkat Rata-rata: 8,5

Melansir Insider Monkey, survei terbaru yang dilakukan oleh Accenture mengungkapkan bahwa hampir 50% pekerja di Inggris mengintegrasikan AI generatif ke dalam rutinitas kerja mereka untuk meningkatkan keseimbangan kehidupan kerja.

Meskipun teknologi ini baru dapat diakses secara luas selama kurang dari satu tahun, teknologi ini sudah memberikan hasil yang positif, dimana karyawan memanfaatkannya untuk memindahkan tugas-tugas yang berulang dan memakan waktu ke chatbots, sehingga pada akhirnya meningkatkan produktivitas.

Survei ini dilakukan terhadap 2.002 karyawan di Inggris baik yang bekerja di kantor maupun jarak jauh, 30% di antaranya menunjukkan keinginan mereka untuk menggunakan waktu yang dihemat oleh AI untuk meningkatkan keseimbangan kehidupan kerja.

(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1337 seconds (0.1#10.140)