Mesir Ancam Israel Jika Nekat Luncurkan Invasi Darat ke Rafah

Minggu, 11 Februari 2024 - 11:45 WIB
loading...
Mesir Ancam Israel Jika Nekat Luncurkan Invasi Darat ke Rafah
Mesir ancam tangguhkan perjanjian damai dengan Israel jika militer Zionis nekat luncurkan invasi darat ke Rafah. Foto/REUTERS
A A A
KAIRO - Kairo telah mengancam Israel jika militer Zionis nekat meluncurkan invasi darat ke Rafah, wilayah Gaza selatan yang berbatasan dengan Mesir.

Ancaman itu berupa penangguhan perjanjian damai kedua negara yang telah berlaku sejak 1979.

The Wall Street Journal (WSJ), mengutip diplomat Barat, melaporkan perjanjian damai akan ditangguhkan jika militer Israel memasuki Rafah atau jika pengungsi Palestina terpaksa menuju Semenanjung Sinai di Mesir.

Ancaman itu disampaikan setelah pasukan darat Zionis berencana menyerbu Rafah. Mejelang invasi darat, militer Zionis meluncurkan serangan udara ke wilayah yang penuh pengungsi itu, menewaskan puluhan orang.



Sekutu Israel di Barat dan negara-negara Arab memperingatkan Tel Aviv akan terjadinya bencana kemanusiaan jika invasi darat benar-benar terjadi di Rafah.

Menurut laporan WSJ, para pejabat Mesir telah memberi tahu rekan-rekan mereka di Israel melalui perantara Barat bahwa segala upaya untuk mendorong warga Palestina ke Sinai akan secara efektif menangguhkan perjanjian damai tahun 1979.

"Serangan darat Israel di Rafah akan menimbulkan konsekuensi yang menghancurkan,” kata Menteri Luar Negeri Mesir Sameh Shoukry pada hari Sabtu, yang dilansir The Guardian, Minggu (11/2/2024).

Menurutnya, tujuan Israel pada akhirnya adalah memaksa warga Palestina meninggalkan tanah mereka.

Seorang pejabat Mesir lainnya mengatakan kepada The Guardian bahwa warga Palestina yang melarikan diri tidak akan diizinkan melintasi perbatasan ke semenanjung Sinai, dan setiap upaya untuk merelokasi mereka ke tanah Mesir akan menggagalkan perjanjian perdamaian antara Mesir dan Israel.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1117 seconds (0.1#10.140)