Kekuatan Militer China, Rusia dan Iran jika Berkoalisi, Ancam Hegemoni AS

Jum'at, 09 Februari 2024 - 14:36 WIB
loading...
Kekuatan Militer China, Rusia dan Iran jika Berkoalisi, Ancam Hegemoni AS
Kapal perang Rusia terlihat selama latihan militer angkatan laut gabungan antara Iran, Rusia, dan China di Teluk Oman, Iran, pada 15 Maret 2023. Foto/militer Iran/WANA/REUTERS
A A A
TEHERAN - Bayangkan koalisi militer yang menggabungkan kekuatan tiga raksasa: China, Rusia, dan Iran. Koalisi ini akan memiliki kekuatan militer yang tak tertandingi, dengan jutaan personel, ribuan pesawat tempur, ratusan kapal perang, dan arsenal senjata canggih yang mematikan.

Koalisi ini, bagaikan naga berkepala tiga, mengantarkan dunia ke era baru yang penuh perubahan geopolitik.

Hegemoni Amerika Serikat (AS) dan sekutu Baratnya jelas sangat terancam, dan potensi konflik regional dan global meningkat pesat.

Potensi perlombaan senjata dan destabilisasi keamanan internasional semakin nyata karena AS dan negara-negara Barat berupaya mempertahankan pengaruhnya di penjuru dunia.

Adapun negara-negara kecil dan menengah diliputi kekhawatiran, terancam potensi perang antara kekuatan besar di dunia.

Berikut ini kekuatan militer masing-masing negara:

1. China


Personel militer China sebanyak 2 juta personel aktif, terbesar di dunia. Angkatan Udara China sebanyak 3.260 pesawat tempur, terbesar ketiga di dunia, termasuk pesawat generasi kelima J-20 dan J-35.

Angkatan Laut China meliputi 670 kapal perang, termasuk tiga kapal induk dan kapal selam nuklir.

Arsenal senjata China yakni rudal hipersonik DF-17 dan DF-21, rudal balistik antarbenua DF-41, sistem pertahanan udara S-400 buatan Rusia.

Kekuatan China merupakan gabungan dari teknologi senjata canggih, kemampuan produksi militer besar, anggaran pertahanan terus meningkat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1101 seconds (0.1#10.140)