Rudal-rudal Rusia Hujani Ukraina, 3 Jet Tempur F-16 NATO Siaga

Kamis, 08 Februari 2024 - 13:39 WIB
loading...
Rudal-rudal Rusia Hujani Ukraina, 3 Jet Tempur F-16 NATO Siaga
Rudal-rudal Rusia menghujani sejumlah wilayah Ukraina pada Rabu. Polandia, salah satu negara NATO, siagakan jet-jet tempur F-16. Foto/e2w via Mirror
A A A
KYIV - Rudal-rudal Rusia telah menghujani sejumlah wilayah Ukraina dalam serangan intensif pada Rabu. Salah satu serangan terjadi di dekat perbatasan Polandia, yang memaksa negara NATO tersebut menyiagakan tiga jet tempur F-16.

Di antara target serangan rudal Moskow adalah pabrik drone laut Ukraina di Mykolaiv. Rentetan serangan rudal juga terjadi di Kyiv dan Kharkiv.

Gelombang serangan ini menyusul konfirmasi bahwa Presiden Vladimir Putin telah memberikan wawancara kepada mantan pembawa acara Fox News yang kontroversial, Tucker Carlson, yang merupakan upaya nyata pemimpin Kremlin untuk membenarkan tindakan Rusia di hadapan khalayak Barat.



Sejumlah laporan media Ukraina melaporkan Warsawa telah menyiagakan tiga jet tempur F-16 di udara untuk melawan kemungkinan serangan Moskow melebar ke Polandia.

“Aktivitas penerbangan jarak jauh yang intensif dari Federasi Rusia sedang diamati karena serangan rudal di wilayah Ukraina. Semua prosedur yang diperlukan yang bertujuan untuk memastikan keamanan wilayah udara Polandia telah diluncurkan," kata Komando Operasional Angkatan Bersenjata Polandia, seperti dikutip dari Mirror, Kamis (8/2/2024).

“Kami memperingatkan Anda bahwa pesawat Polandia dan sekutu telah diaktifkan, yang dapat menyebabkan peningkatan tingkat kebisingan, terutama di wilayah tenggara negara tersebut," lanjut komando tersebut tanpa merinci jet tempur mana yang sudah diaktifkan.

Asap terlihat mengepul dari Kyiv ketika lima ledakan terdengar di ibu kota Ukraina setelah peringatan serangan udara nasional diaktifkan di Ukraina.

"Ledakan di kota. Pertahanan udara berfungsi. Tetaplah di tempat perlindungan!" tulis Wali Kota Kyiv Vitaliy Klychko.

‌"Sebuah gedung apartemen terbakar di distrik Holosiivsky. Petugas pemadam kebakaran dan unit penyelamat sedang menuju ke lokasi kejadian," katanya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1011 seconds (0.1#10.140)