Ajukan Syarat Gencatan Senjata, Hamas Minta Semua Pasukan Israel Mundur dari Gaza

Rabu, 07 Februari 2024 - 17:06 WIB
loading...
Ajukan Syarat Gencatan Senjata, Hamas Minta Semua Pasukan Israel Mundur dari Gaza
Hamas meminta semua pasukan Israel ditarik dari Gaza jika ingin mewujudkan gencatan senjata. Foto/Reuters
A A A
GAZA - Muhhamed Nazzal, anggota senior biro politik Hamas , menguraikan usulan balasan kelompok tersebut terhadap rancangan perjanjian gencatan senjata yang dimediasikan oleh Qatar, Mesir, Israel, dan Amerika Serikat. Dia memberikan syarat utama yakni penarikan seluruh pasukan Israel dari Gaza.

“Usulan tersebut diterima Hamas setelah konferensi Paris dan tanggapan Hamas lebih spesifik dan memberikan tenggat waktu. Garis waktu ini ditentukan oleh Hamas sendiri,” kata Nazzal kepada Al Jazeera.

“Di antara detail-detail ini, tidak ada yang bisa dikompromikan. Mesin pembunuh Israel harus dihentikan. Kami ingin melihat penarikan pasukan pendudukan Israel dari Jalur Gaza sepenuhnya. Tanggapan kami realistis dan tuntutan kami masuk akal.”

Dia mengatakan Hamas khawatir Israel “tidak serius berkomitmen terhadap kesepakatan ini”, dan itulah sebabnya mereka menempatkan gencatan senjata permanen di tahap kedua perjanjian – hanya untuk melihat apakah mereka benar-benar berkomitmen.



Nazzal mengatakan lima pihak telah dipilih untuk bertindak sebagai “penjamin” jika kesepakatan gencatan senjata dengan Israel membuahkan hasil: Qatar, Mesir, Turki, Rusia dan PBB.

“Kami memperkirakan negosiasi akan dimulai. Setelah dimulai, hambatan apa pun dapat diatasi untuk mencapai kesepakatan akhir di mana kita dapat mengatasi semua hal tersebut,” kata Nazzal kepada Al Jazeera.

Dia menjawab dengan tajam ketika ditanya tentang komentar Presiden Joe Biden bahwa usulan balasan kelompoknya “sedikit berlebihan”.

“Kami tidak mengharapkan presiden Amerika memberikan pernyataan yang lebih baik. Dia sangat bias dan merupakan bagian dari perang yang dilancarkan di Gaza. Dia memberikan perlindungan politik dan hukum bagi Israel dan mendukung semua tindakan Netanyahu. Mereka bekerja bahu membahu, memberikan bantuan militer dan keuangan," ungkap Nazzal

“Kami memperkirakan pemerintah AS akan mengambil keputusan akhir: Apakah mereka bersedia perang terus berlanjut? Atau apakah mereka menginginkan gencatan senjata permanen?” tanya Nazzal.

(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1185 seconds (0.1#10.140)