4 Alasan Jerman Marah pada Israel

Rabu, 07 Februari 2024 - 19:19 WIB
loading...
4 Alasan Jerman Marah pada Israel
Jerman sudah menyatakan kemarahan kepada Israel karena genosida di Gaza. Foto/Reuters
A A A
GAZA - Pemerintah Jerman sejak akhir tahun lalu hingga kini sudah menunjukkan kemarahannya kepada Israel atas invasi ke Gaza yang menyebabkan puluhan ribu warga Palestina meninggal. Apalagi, Israel juga terbukti melakukan kejahatan perang dalam sidang di Mahkamah Internasional (ICJ) di Den Haag, Belanda.

Apalagi, Konferensi Keamanan Munich telah mendesak Jerman untuk mengambil tindakan keras terhadap Israel, dengan mengatakan bahwa Berlin mempunyai tanggung jawab untuk menghentikan pemerintahan Netanyahu ketika mereka melanggar hukum internasional.

Jerman telah banyak dikritik karena dukungannya yang tak tergoyahkan terhadap Israel, yang tetap bertahan meskipun jumlah korban sipil dalam perang tersebut meningkat. Para pengkritik Berlin mengatakan kesalahan Berlin atas Holocaust telah menutup mata terhadap dugaan tindakan Israel yang berlebihan di Jalur Gaza.

Jerman dengan gigih membela hak Israel untuk mempertahankan diri dan menentang seruan gencatan senjata segera di Gaza. Mereka juga mendukung Israel di Mahkamah Internasional, di mana Afrika Selatan telah mengajukan kasus yang menuduh negara Yahudi tersebut melakukan genosida.

Namun hal ini telah memperburuk hubungan Berlin dengan beberapa negara di dunia Arab dan negara-negara yang disebut global selatan, sekelompok negara yang akan memiliki perwakilan yang baik pada Konferensi Keamanan Munich bulan depan dan ingin diajak oleh Heusgen.

4 Alasan Jerman Marah pada Israel

1. Israel Menentang Berdirinya Negara Palestina

4 Alasan Jerman Marah pada Israel

Foto/Reuters

Dalam sebuah wawancara dengan Financial Times, Christoph Heusgen, penasihat kebijakan luar negeri mantan kanselir Angela Merkel, mengkritik keras Israel karena menentang negara Palestina.

"Kebijakan tersebut mewakili pelanggaran hukum internasional, seperti halnya – mengutip Presiden AS Joe Biden – pemboman tanpa pandang bulu di Gaza,” kata Heusgen.

Ketika ditanya tentang penolakan Netanyahu terhadap solusi dua negara, Heusgen mengatakan dia tidak tahu “bagaimana Israel membayangkan masa depannya ketika mereka tidak menginginkan negara Palestina dan harus mendirikan pagar tinggi di sekitar wilayah Palestina”.

Heusgen adalah penasihat Merkel ketika ia pertama kali mengartikulasikan gagasan bahwa keamanan Israel adalah “Staatsräson” Jerman, atau demi kepentingan nasional Jerman. Dia mengatakan hal itu berarti Jerman tidak akan ragu untuk menyediakan semua senjata yang dibutuhkan Israel untuk melindungi diri dari musuh-musuhnya.


2. Melakukan Serangan Membabi-buta di Gaza

4 Alasan Jerman Marah pada Israel

Foto/Reuters
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1157 seconds (0.1#10.140)