Eks Jenderal AS Anggap Perang Israel di Gaza Gagal, Ini Alasannya

Selasa, 06 Februari 2024 - 10:18 WIB
loading...
Eks Jenderal AS Anggap Perang Israel di Gaza Gagal, Ini Alasannya
Pensiunan jenderal Amerika Serikat, Frank McKenzie, menganggap perang Israel melawan Hamas di Gaza sejauh ini gagal mencapai tujuannya. Foto/REUTERS
A A A
WASHINGTON - Pensiunan jenderal Amerika Serikat (AS), Frank McKenzie, menganggap perang Israel melawan Hamas di Gaza sejauh ini gagal mencapai tujuannya.

Alasannya, kata dia, militer Zionis tidak mampu menyingkirkan eselon politik dan eselon kepemimpinan militer Hamas sejak mereka masuk ke Gaza pada Oktober 2023.

McKenzie adalah mantan komandan Komando Pusat (CENTCOM), cabang militer AS yang wilayah operasinya mencakup Timur Tengah dan sekitarnya.

Menurutnya, tujuan militer Israel dalam perangnya di Gaza—jika dikatakan berhasil—maka itu "sangat terbatas".



“Mereka menetapkan tujuan untuk menyingkirkan eselon politik dan eselon kepemimpinan militer Hamas ketika mereka masuk. Sampai saat ini mereka belum berhasil melakukan hal tersebut,” katanya kepada Face the Nation di CBS, yang dilansir Selasa (6/2/2024).

“Anda harus memiliki teori tentang apa yang akan terjadi setelah semuanya berakhir,” lanjut McKenzie.

“Anda memerlukan visi tentang keadaan akhir ketika Anda memulai kampanye militer karena semua yang Anda lakukan akan mengurangi atau menambah kemampuan Anda untuk mencapai titik tersebut," paparnya.

Dia menyatakan bahwa penguasaan penuh Israel atas Gaza adalah hasil yang paling tidak diinginkan, dan menambahkan bahwa negara-negara Arab akan dibutuhkan untuk membantu upaya di Gaza pascaperang.

Komentar tersebut muncul ketika Kementerian Kesehatan Palestina mengumumkan bahwa 113 orang telah tewas di Gaza akibat serangan Israel selama 24 jam terakhir.

Hal ini menjadikan jumlah korban tewas warga Palestina di Gaza sejak pecahnya perang pada 7 Oktober menjadi sedikitnya 27.478 orang, dan hampir 67.000 orang lainnya terluka pada periode yang sama. Sekitar 7.000 orang hilang, yang diyakini tewas dan terkubur di bawah reruntuhan bangunan.

Lebih dari 70 persen korbannya adalah anak-anak dan perempuan, menurut pejabat kesehatan Gaza.

Pada hari Senin, tembakan Angkatan Laut Israel menghantam konvoi makanan yang menunggu untuk pindah ke Gaza utara, menurut badan PBB untuk pengungsi Palestina atau UNRWA.

“Syukurlah, tidak ada yang terluka,” kata Thomas White, direktur urusan UNRWA di Gaza, dalam sebuah posting-an di X.

Di Yerusalem Timur yang diduduki Zionis, pasukan Israel menembak dan membunuh seorang anak laki-laki Palestina berusia 14 tahun di sebuah pos pemeriksaan militer dekat pintu masuk kota al-Eizariya.

Kantor berita Palestina, Wafa, melaporkan para saksi melihat pasukan Israel menembak bocah lelaki tersebut, yang bernama Wadih Shadi Owaisat. Dia kemudian dibiarkan meninggal kehabisan darah, atas tuduhan mencoba melakukan serangan penikaman.

Sementara itu, Amnesty International mengatakan pada hari Senin bahwa mereka mencatat “lonjakan mengejutkan” dalam pembunuhan tidak sah yang dilakukan Israel terhadap warga Palestina di Tepi Barat sejak Oktober 2023.

Dalam empat kasus yang diselidiki oleh kelompok tersebut, yang terjadi pada bulan Oktober dan November, pasukan Israel menggunakan kekuatan mematikan yang melanggar hukum, menewaskan total 20 warga Palestina, termasuk tujuh anak-anak.

“Di bawah kedok pengeboman tanpa henti dan kejahatan kekejaman di Gaza, pasukan Israel telah melancarkan kekuatan mematikan yang tidak sah terhadap warga Palestina di Tepi Barat yang diduduki, melakukan pembunuhan di luar hukum dan menunjukkan sikap acuh tak acuh terhadap kehidupan warga Palestina,” kata Erika Guevara-Rosas, direktur penelitian, advokasi dan kebijakan global untuk Amnesty International.

Sebelumnya pada hari ini, Menteri Luar Negeri Prancis Stephane Sejourne menyerukan diakhirinya kekerasan pemukim Israel dan gencatan senjata di Gaza, dalam kunjungannya pada hari Senin ke Yerusalem.

Komentar tersebut muncul setelah pertemuan dengan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu.

“Sangatlah penting untuk menahan diri dari tindakan, keputusan, atau pernyataan apa pun yang dapat memicu kekerasan. Kekerasan pemukim harus dihentikan di wilayah Palestina, itu yang kami kecam,” ujarnya.

Dia juga mengatakan bahwa pernyataan kekerasan Israel “semakin sering terjadi” dan “disebarluaskan oleh para pemimpin politik.”

“Dalam keadaan apa pun tidak boleh ada perpindahan warga Palestina, baik dari Gaza maupun dari Tepi Barat,” katanya.

Sementara itu, setelah pertemuan dengan Sejourne, Menteri Luar Negeri Israel; Israel Katz, mengatakan "waktu hampir habis" untuk mencapai solusi diplomatik di Lebanon selatan, ketika ketegangan meningkat antara kedua negara.

“Israel akan bertindak secara militer untuk mengembalikan warga yang dievakuasi ke wilayah perbatasan utara jika tidak ada solusi diplomatik yang dicapai untuk mengakhiri kekerasan," kata Katz kepada rekannya dari Prancis yang sedang berkunjung.
(mas)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1004 seconds (0.1#10.140)