Moskow Sebut Kritik Terhadap Vaksin Covid-19 Rusia Didasari Rasa Iri

Rabu, 12 Agustus 2020 - 21:56 WIB
loading...
Moskow Sebut Kritik Terhadap Vaksin Covid-19 Rusia Didasari Rasa Iri
Moskow mengatakan, kritik ini benar-benar tidak berdasar dan disebabkan oleh ketakutan akan persaingan yang sehat. Foto/REUTERS
A A A
MOSKOW - Rusia mengatakan, banyaknya kritik terhadap vaksin Covid-19 mereka karena rasa isi dan ketakutan. Moskow mengatakan, kritik ini benar-benar tidak berdasar dan disebabkan oleh ketakutan akan persaingan yang sehat.

"Rekan-rekan kami di luar sana, yang tampaknya merasakan persaingan tertentu, melihat keunggulan obat Rusia, kini mencoba mengutarakan beberapa pendapat, yang menurut kami sama sekali tidak berdasar," ucap Menteri Kesehatan Rusia, Mikhail Murashko.

Murashko, seperti dilansir Sputnik pada Rabu (12/8/2020), kemudian mengatakan bahwa platform vaksin sebelumnya digunakan untuk memproduksi obat-obatan dan menggarisbawahi itu adalah cara teraman, dipilih setelah beberapa uji coba.

Sebelumnya, para pakar kesehatan global khawatir dengan pengumuman Rusia yang akan menyetujui vaksin Covid-19 setelah kurang dari dua bulan tes manusia. ( )

Dia menjelaskan, persetujuan yang super cepat itu berarti potensi efek samping vaksin itu mungkin tidak diperhitungkan. Menurut dia, hal ini bisa berdampak serius.

Pakar Genetics Institute Universitas College London Francois Balloux menyatakan langkah Rusia itu keputusan yang sembrono dan tolol. Komentarnya didukung Danny Altmann, profesor Imunologi di Imperial College London yang mengatakan akan ada kerusakan akibat pemberian vaksin apapun yang belum diketahui aman dan efektif serta akan semakin memperparah masalah yang ada sekarang.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1024 seconds (0.1#10.140)