Perang Besar Akan Mengakhiri Hegemoni AS di Timur Tengah, Kenapa?

Senin, 05 Februari 2024 - 15:52 WIB
loading...
Perang Besar Akan Mengakhiri Hegemoni AS di Timur Tengah, Kenapa?
Houthi melancarkan perang Laut Merah dengan AS dan Inggris. Foto/Reuters
A A A
SANAA - Kelompok perjuangan Houthi yang menguasai Yaman mengecam keras gelombang serangan udara terbaru Amerika Serikat (AS) dan Inggris terhadap negara tersebut. Mereka menekankan bahwa serangan tersebut tidak akan pernah membuat bangsa dan pemerintah Yaman mundur dari sikap pro-Palestina mereka.

Houthi yang berbasis di Sanaa menyesalkan serangan terbaru terhadap berbagai sasaran di provinsi strategis Hudaydah di bagian barat serta Sa'ada di barat laut negara itu, dan menyatakan bahwa agresi AS-Inggris yang terus berlanjut jelas mengarah pada PBB. Kegagalan Dewan Keamanan untuk mengambil tanggung jawabnya.

“Serangan-serangan ini tidak akan pernah membuat Republik Yaman melakukan tindakan yang bertentangan dengan tugas kemanusiaan dan etikanya terhadap Palestina dan perjuangan mereka,” demikian pernyataan yang dikeluarkan oleh Kementerian Luar Negeri Yaman, yang dikuasai Houthi, dilansir Press TV.

Jaringan berita televisi berbahasa Arab Lebanon al-Mayadeen melaporkan pada Minggu malam bahwa pasukan AS dan Inggris telah menyerang 11 sasaran di provinsi Hudaydah, dengan sebagian besar serangan udara ditujukan ke pelabuhan Ras Isa dan kota al-Zaydiya.

Distrik Baqim di provinsi Sa’ada dibom empat kali, sedangkan sisi timur kota Sa’ada, yang terletak 240 kilometer (149 mil) utara ibu kota Sana’a, dibom satu kali.

Seorang tokoh terkemuka gerakan perlawanan Ansarullah atau Houthi di Yaman juga mengecam serangan terbaru Amerika dan Inggris terhadap posisi di Yaman, dan menekankan bahwa serangan tersebut tidak efektif.

Mohammed al-Bukhaiti, anggota biro politik Ansarullah, menyatakan bahwa serangan anti-Yaman sejauh ini hanya dilakukan oleh Amerika Serikat dan Inggris, yang menandakan perbedaan dalam anggota koalisi bentukan AS di Laut Merah dan wilayahnya. perpisahan yang akan segera terjadi.

“Aturan keterlibatan yang diberlakukan oleh Amerika Serikat, entitas Zionis, dan Inggris kini telah diubah. Melimpahnya [Gaza] pasti akan mengakhiri hegemoni AS di wilayah tersebut,” kata Bukhaiti.



Warga Yaman telah menyatakan dukungan terbuka mereka terhadap perjuangan Palestina melawan pendudukan Israel sejak rezim tersebut melancarkan perang dahsyat di Gaza pada tanggal 7 Oktober setelah gerakan perlawanan Palestina di wilayah tersebut melakukan serangan balasan yang mengejutkan, yang dijuluki Operasi Badai Al-Aqsa, terhadap entitas pendudukan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1287 seconds (0.1#10.140)