AS Tak Takut dengan Rudal Pembunuh Kapal Induk DF-21 China

Senin, 05 Februari 2024 - 13:59 WIB
loading...
AS Tak Takut dengan Rudal Pembunuh Kapal Induk DF-21 China
Angkatan Laut AS tidak takut dengan rudal pembunuh kapal induk DF-21 milik China. Foto/REUTERS
A A A
MANILA - Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) mengatakan kelompok tempur kapal induknya tidak takut dan yakin mampu melawan rudal pembunuh kapal induk DF-21 milik China.

Hal itu disampaikan komandan Kelompok Tempur Kapal Induk USS Carl Vinson, Laksamana Muda Carlos Sardiello.

USS Carl Vinson telah menjalani latihan perang gabungan dengan kapal induk USS Theodore Roosevelt dan kapal perusak Jepang JS Ise di Laut Filipina sejak Rabu lalu.

Menurutnya, rudal DF-21 China—yang dielu-elukan Beijing sebagai senjata pembunuh kapal induk—tidak akan menimbulkan ancaman bagi kapal induk Amerika jika terjadi konflik.



"Para pelaut terlatih AS dapat mengoperasikan wilayah yang rumit dan diperebutkan ini,” katanya, mengacu pada wilayah sengketa di Laut China Selatan, seperti dikutip dari Nikkei Asia, Senin (5/2/2024).

"Mereka mematikan dan dapat bertahan hidup, dan melaksanakan misi terlepas dari apa ancamannya," lanjut dia.

"Saya benar-benar yakin bahwa kelompok tempur kapal induk dapat melaksanakan misi yang dirancang untuk dilakukan secara efektif dan aman.”

Tiga kapal induk AS telah dikerahkan ke Indo-Pasifik meskipun ketegangan meningkat di Timur Tengah menyusul perang Israel-Hamas di Jalur Gaza.

Para pakar percaya bahwa pengerahan tiga kapal induk AS di wilayah tersebut mengirimkan pesan bahwa militer Washington siap menangani China dan Korea Utara selama masa damai.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1271 seconds (0.1#10.140)