16 Orang Tewas dalam Agresi Baru AS di Irak

Sabtu, 03 Februari 2024 - 19:44 WIB
loading...
16 Orang Tewas dalam Agresi Baru AS di Irak
Pasukan AS melancarkan agresi baru di Irak. Foto/Reuters
A A A
BAGHDAD - Setidaknya 16 orang tewas dalam serangan AS di Irak . Pemerintah Irak juga mengutuk “agresi baru terhadap” kedaulatan negaranya dan memperingatkan konsekuensi yang mengerikan di wilayah tersebut.

"Warga sipil termasuk di antara mereka yang tewas dan 25 orang terluka dalam pemboman yang menargetkan wilayah sipil dan keamanan," kata juru bicara Pemerintah Irak pada Sabtu (3/2/2024).

AS memperingatkan akan adanya serangan balasan yang lebih besar setelah serangan tersebut mengenai sasaran-sasaran yang terkait dengan Iran di Irak dan Suriah. Serangan itu sebagai tanggapan atas serangan yang menewaskan tentara Amerika di Yordania di tengah perang Israel di Gaza.

“Serangan agresif ini akan menempatkan keamanan di Irak dan wilayah tersebut di ambang jurang kehancuran,” demikian keterangan Pemerintah Irak. Baghdad membantah klaim Washington yang mengoordinasikan serangan udara dengan Baghdad sebagai “salah” dan “bertujuan untuk menyesatkan opini publik internasional”.

Perdana Menteri Irak Mohammed Shia al-Sudani mengungkapkan, kehadiran koalisi militer pimpinan AS di kawasan “telah menjadi alasan untuk mengancam keamanan dan stabilitas di Irak dan menjadi pembenaran untuk melibatkan Irak dalam konflik regional dan internasional”.

Kementerian Luar Negeri Irak kemudian memanggil kuasa usaha AS di Bagdad untuk menyampaikan protes resmi.

Sementara itu, Kementerian Pertahanan Suriah mengecam “agresi pasukan pendudukan Amerika”, yang dikatakan sebagai upaya “untuk melemahkan kemampuan Tentara Arab Suriah dan sekutunya di bidang memerangi terorisme”. Mereka menambahkan bahwa wilayah yang menjadi sasaran adalah wilayah yang sama. dimana militer memerangi sisa-sisa kelompok bersenjata ISIS.



Media pemerintah Suriah melaporkan beberapa korban jiwa setelah serangan di wilayah gurun dan wilayah perbatasan dengan Irak. Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia yang berbasis di Inggris mengatakan setidaknya 23 pejuang yang berpihak pada Iran tewas dalam serangan di Suriah, namun hal tersebut tidak dapat diverifikasi secara independen.

Serangan tersebut tidak terjadi di dalam wilayah Iran. Kementerian Luar Negeri Iran pada hari Sabtu menyebut tindakan tersebut sebagai “tindakan petualangan dan kesalahan strategis lainnya yang dilakukan oleh pemerintah AS yang tidak akan membuahkan hasil selain meningkatkan … ketidakstabilan di kawasan”.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1016 seconds (0.1#10.140)