16 Orang Tewas dalam Agresi Baru AS di Irak

Sabtu, 03 Februari 2024 - 19:44 WIB
loading...
A A A
Juru bicara Dewan Keamanan Nasional AS John Kirby mengatakan kepada wartawan bahwa tujuan serangan “bertingkat” ini adalah untuk menghentikan serangan oleh kelompok-kelompok yang berpihak pada Iran, dan bukan untuk memulai perang dengan Iran.

Kementerian Iran mengatakan ketegangan di wilayah tersebut “berasal dari pendudukan rezim Israel dan operasi militer [nya] di Gaza serta genosida terhadap warga Palestina dengan dukungan tak terbatas dari Amerika Serikat”, dan menambahkan bahwa stabilitas hanya akan kembali dengan penyelesaian “ akar penyebab krisis ini”.

Presiden Joe Biden mengatakan serangan “akan berlanjut pada waktu dan tempat yang kita pilih” ketika kepala diplomatnya Antony Blinken sedang bersiap untuk memulai tur regional kelima sejak 7 Oktober mulai Minggu, mengunjungi Israel, Tepi Barat yang diduduki, Arab Saudi, Mesir dan Qatar.

Komando Pusat AS (CENTCOM) mengatakan pihaknya menerbangkan pesawat pembom dari AS dan menggunakan lebih dari 125 amunisi presisi untuk mencapai lebih dari 85 sasaran yang mencakup pusat operasi komando dan kontrol, pusat intelijen, penyimpanan senjata, dan fasilitas rantai pasokan Korps Garda Revolusi Islam Iran. (IRGC) dan kelompok bersenjata yang didukung oleh Teheran.

(ahm)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1003 seconds (0.1#10.140)