Inilah Sosok 4 Ekstremis Israel yang Dihajar Sanksi AS

Sabtu, 03 Februari 2024 - 13:12 WIB
loading...
Inilah Sosok 4 Ekstremis Israel yang Dihajar Sanksi AS
David Chai Chasdai, satu dari empat ekstremis Israel yang dijatuhi sanksi oleh Pemerintah AS atas kekerasan terhadap warga Palestina di Tepi Barat. Foto/via Middle East Eye
A A A
TEL AVIV - Pemerintah Amerika Serikat (AS) telah menjatuhkan sanksi terhadap empat pemukim ekstremis Israel atas kekerasan terhadap warga Palestina di Tepi Barat. Ini merupakan tindakan langka Washington terhadap sekutu utamanya.

Kekerasan oleh para pemukim Israel telah meningkat secara dramatis sejak pecahnya perang Israel-Hamas di Gaza pada 7 Oktober 2023.

Penjatuhan sanksi diumumkan pemerintah Presiden Joe Biden pada hari Kamis waktu Washington.

“Situasi di Tepi Barat—khususnya tingginya tingkat kekerasan pemukim ekstremis, pemindahan paksa penduduk dan desa, serta perusakan properti—telah mencapai tingkat yang tidak dapat ditoleransi dan merupakan ancaman serius terhadap perdamaian, keamanan, dan stabilitas,” kata Biden dalam sebuah perintah eksekutif.



Sanksi AS ini mencakup pembekuan aset keempat orang tersebut yang berada di Amerika dan larangan bagi otoritas dan warga Amerika untuk bertransaksi atau berbisnis dengan mereka.

Sosok 4 Ekstremis Israel yang Dihajar Sanksi AS

1. David Chai Chasdai


David Chai Chasdai (29), seorang pemukim yang paling terkenal karena menghasut kerusuhan mematikan di kota Huwwara di Palestina pada bulan Februari tahun lalu.

Dia ditangkap di Israel karena keterlibatannya dalam apa yang oleh seorang komandan militer Israel disebut sebagai "pogrom yang dilakukan oleh penjahat".

Amukan para pemukim Israel di Huwwara menyebabkan kematian Sameh Aqtash (37) dan melukai 98 warga Palestina lainnya, di samping kerusakan properti yang meluas dan pembakaran mobil dan rumah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1001 seconds (0.1#10.140)