Presiden Biden Muram Saksikan 3 Tentara AS Pulang Tak Bernyawa dari Yordania

Sabtu, 03 Februari 2024 - 09:08 WIB
loading...
Presiden Biden Muram Saksikan 3 Tentara AS Pulang Tak Bernyawa dari Yordania
Presiden Joe Biden muram saksikan tiga tentara AS pulang tak bernyawa akibat serangan drone di Yordania. Foto/REUTERS/Joshua Roberts
A A A
WASHINGTON - Presiden Joe Biden pada hari Jumat menyaksikan dengan muram pemulangan jenazah tiga tentara Amerika Serikat (AS) yang jadi korban serangan drone di Yordania.

Tiga tentara cadangan Angkatan Darat tersebut terbunuh dalam serangan Minggu malam lalu. Ketiganya adalah Sersan William Jerome Rivers (46) asal Carrollton, Georgia; Spesialis Kennedy Ladon Sanders (24) asal Waycross, Georgia, dan Spesialis Breonna Alexsondria Moffett (23) asal Savannah, Georgia.

Biden bergabung dengan keluarga korban tewas di Pangkalan Angkatan Udara Dover, Delaware, dalam apa yang disebut Angkatan Udara AS sebagai "pemindahan jenazah secara bermartabat".



Setelah bertemu secara pribadi dengan anggota keluarga, presiden meletakkan tangannya di atas jantungnya saat kotak transfer yang terbungkus bendera dibawa keluar dari pesawat satu per satu.

Dia sebelumnya menyampaikan belasungkawa kepada keluarga melalui panggilan telepon pada hari Selasa lalu.

Biden, yang mengenakan mantel panjang berwarna gelap dan ekspresi muram, mendekat dan menundukkan kepalanya saat doa dipanjatkan untuk mereka yang terjatuh.

Bekerja dengan sangat teliti, sebuah tim yang terdiri dari tujuh anggota militer membawa kotak-kotak tersebut dari ruang terbuka pesawat ke mobil van kamar mayat yang gelap, disaksikan oleh keluarga dan rombongan presiden.

Ibu Negara Jill Biden bergabung dengan presiden bersama dengan Menteri Pertahanan Lloyd Austin dan Jenderal Angkatan Udara Charles Q Brown, ketua Kepala Staf Gabungan.

Orang tua dari Spesialis Sanders (23) membagikan video panggilan Biden sebelumnya kepada media lokal.

“Saya tahu tidak ada yang bisa dikatakan atau dilakukan siapa pun untuk meringankan rasa sakit ini, saya sudah mengalaminya,” kata Biden, menceritakan kematian istri pertamanya, bayi perempuan, dan putra dewasanya, Beau.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1125 seconds (0.1#10.140)