Taliban Umumkan Gencatan Senjata Pertama Dalam 17 Tahun

Minggu, 10 Juni 2018 - 18:25 WIB
Taliban Umumkan Gencatan Senjata Pertama Dalam 17 Tahun
Taliban Umumkan Gencatan Senjata Pertama Dalam 17 Tahun
A A A
KABUL - TalibanAfghanistan mengumumkan gencatan senjata tiga hari selama Idul Fitri. Pengumuman ini adalah respon atas pengumuman serupa yang dilakukan oleh pemerintah Afghanistan.

Kelompok bersenjata itu mengatakan, pasukan asing yang berada di Afghanistan tidak masuk dalam kesepakatan gencatan senjata. Taliban juga mengatakan mereka akan mempertahankan diri terhadap serangan apa pun.

Taliban juga menyatakan bahwa mereka dapat mempertimbangkan melepaskan tahanan perang, jika para tahanan tersebut berjanji untuk tidak kembali ke medan tempur.

Melansir Al Jazeera pada Minggu (10/8), ini adalah gencatan senjata pertama yang dilakukan antara kedua belah pihak, sejak invasi Amerika Serikat (AS) ke negara itu pada 2001.

Seperti diketahui, Presiden Afghanistan, Ashraf Ghani Kami lalu mengumumkan gencatan senjata tanpa syarat dengan Taliban hingga 20 Juni, bertepatan dengan berakhirnya bulan puasa Ramadhan. Ghani mengatakan pertempuran melawan kelompok bersenjata lainnya seperti ISIS.

Langkah mengejutkan oleh pemerintah datang beberapa hari setelah pertemuan para pemimpin agama terkemuka Afghanistan di ibukota, Kabul, mengeluarkan fatwa mengenai serangan bom bunuh bunuh diri.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3529 seconds (0.1#10.140)