Presiden Iran Kritik Kebijakan Egois AS

Minggu, 10 Juni 2018 - 16:56 WIB
Presiden Iran Kritik Kebijakan Egois AS
Presiden Iran Kritik Kebijakan Egois AS
A A A
TEHERAN - Presiden Iran, Hassan Rouhani mengkritik "unliteralism" Amerika Serikat (AS), khususnya saat memutuskan untuk menarik diri dari kesepakatan nuklir Iran. Dia kemudian menyatakanmenghargai upaya China dan Rusia untuk mempertahankan perjanjian tersebut.

"Upaya AS untuk memaksakan kebijakannya pada yang lain berkembang sebagai ancaman bagi semua," ucap Rouhani saat menghadiri pertemuan Organisasi Kerjasama Shanghai (SCO), sebuah kelompok keamanan regional yang dipimpin oleh China dan Rusia, di mana Iran memiliki status sebagai pengamat.

"Contoh terbaru dari unilateralisme dan penolakan terhadap keputusan komunitas internasional oleh pemerintah AS adalah penarikan dari JCPOA," katanya menggunakan nama resmi kesepakatan nuklir Iran, seperti dilansir Reuters pada Minggu (10/6).

Kesepakatan yang dicapai pada tahun 2015 antara Iran dan negara-negara dunia berisi pencabutan sanksi internasional terhadap Teheran. Sebagai imbalannya, Iran menyetujui pembatasan aktivitas nuklirnya.

Sejak Presiden AS, Donald Trump menarik diri dari kesepaktan itu, dengan menyebut perjanjian itu sangat cacat, negara-negara Eropa telah berebut untuk memastikan Iran mendapat cukup manfaat ekonomi untuk membujuk Teheran agar tetap dalam kesepakatan itu.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4760 seconds (0.1#10.140)