Perseteruan 2 Dinasti di Filipina Marcos Vs Duterte, Siapa yang Menang?

Kamis, 01 Februari 2024 - 13:34 WIB
loading...
A A A
Pemerintahan Marcos yang berusia satu setengah tahun, sejauh ini, belum benar-benar merupakan kelanjutan dari enam tahun pemerintahan Duterte – Marcos bersumpah akan melakukan perang narkoba yang “sedikit berbeda”, yang dirilis oleh kritikus lama Duterte, mantan senator Leila de Lima, dan kebijakan luar negeri Filipina telah berubah 180 derajat.

Di bawah pemerintahan Marcos, Manila semakin dekat dengan Washington DC, sekaligus memperkuat hubungan dengan mitra lama dan baru. Hubungannya dengan Beijing – yang dibina Duterte – memburuk dan menjadi dingin. Hubungan bilateral Filipina-Tiongkok adalah “persimpangan jalan,” menurut Menteri Luar Negeri Tiongkok Wang Yi.

Duterte yang familiar muncul kembali pada Minggu malam, 29 Januari.

Dikelilingi oleh kerumunan orang yang menyalakan lilin, mantan presiden tersebut menuduh klan Marcos ingin tetap berkuasa melebihi batas masa jabatan yang ditentukan, mengoceh tentang kasus Pengadilan Kriminal Internasional yang menjeratnya, dan mengklaim bahwa Presiden tersebut adalah “pecandu narkoba.”

Putranya, seorang peselancar bertato yang kini mengepalai balai kota, meminta Marcos untuk mengundurkan diri jika dia tidak memiliki “cinta dan aspirasi untuk negaranya.”

Marcos membalas dengan menyalahkan omelan Duterte yang lebih tua atas penggunaan fentanil yang sangat membuat ketagihan.

Sedangkan Sara Duterte tetap menjadi anggota Kabinet Marcos. Dalam sebuah pernyataan pada tanggal 29 Januari, dia mengatakan dia tidak berbicara dengan saudara laki-lakinya yang merupakan walikota tentang seruannya agar Presiden mengundurkan diri. Dia juga belum menanggapi tuduhan ayahnya.

Setelah liku-liku yang panjang dalam sejarah keluarga mereka – dan kadang-kadang persimpangan jalan mereka – Duterte lain yang lebih terkenal mendapati dirinya berada pada posisi yang aneh: memimpin tuntutan terhadap penggantinya Ferdinand Marcos Jr.

(ahm)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0727 seconds (0.1#10.140)