Putin: Pesawat Rusia Pembawa 65 Tawanan Ukraina Ditembak Rudal Patriot AS, Itu Fakta

Kamis, 01 Februari 2024 - 09:50 WIB
loading...
Putin: Pesawat Rusia Pembawa 65 Tawanan Ukraina Ditembak Rudal Patriot AS, Itu Fakta
Presiden Vladimir Putin sebut pesawat militer Rusia pembawa 65 tawanan Ukraina jatuh di Belgorod akibat ditembak rudal Patriot AS. Foto/Sky News
A A A
MOSKOW - Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan pesawat militer Moskow pembawa 74 orang, termasuk 65 tawanan perang asal Ukraina, ditembak jatuh oleh sistem rudal Patriot buatan Amerika Serikat (AS).

Menurut Putin penyebab insiden pada Rabu pekan lalu itu merupakan fakta yang telah dikonfirmasi para pakar terkait.

Pesawat Il-76 jatuh di Belgorod. Pesawat angkut militer itu, menurut Rusia, ditembak jatuh ketika membawa para tawanan perang asal Ukraina untuk ditukar dengan tawanan perang asal Rusia.

“Pesawat itu ditembak jatuh oleh sistem Patriot buatan AS,” kata Putin, yang menyebutnya sebagai "fakta yang sudah pasti, yang telah dikonfirmasi oleh tinjauan para ahli yang relevan."



Layanan darurat Rusia sebelumnya menyatakan bahwa pecahan satu atau lebih rudal ditemukan di lokasi jatuhnya pesawat.

Penyelidik Rusia belum secara resmi mengomentari hasil penyelidikan yang sedang berlangsung atas insiden tersebut.

Namun, sumber yang dekat dengan penyelidikan mengatakan kepada kantor berita TASS bahwa analisis kotak hitam pesawat menunjukkan pesawat tersebut sengaja ditembak jatuh.

Kemudian, salah satu sumber juga mengatakan kepada kantor berita tersebut bahwa sangat mungkin sistem rudal permukaan-ke-udara Patriot yang dipasok AS digunakan dalam serangan itu.

Pekan lalu, sumber militer Prancis mengatakan kepada Radio France bahwa pasukan Kyiv menggunakan sistem rudal Patriot untuk menjatuhkan pesawat tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1076 seconds (0.1#10.140)