Konflik Kian Memanas, AS dan Houthi Saling Serang Rudal

Kamis, 01 Februari 2024 - 08:08 WIB
loading...
Konflik Kian Memanas, AS dan Houthi Saling Serang Rudal
Konflik kian memanas, militer Amerika Serikat dan kelompok Houthi Yaman saling serang dengan rudal. Foto/REUTERS
A A A
SANAA - Konflik antara militer Amerika Serikat (AS) dengan kelompok Houthi Yaman semakin memanas, di mana kedua pihak saling serang dengan rudal di Laut Merah.

Keduanya saling mengeklaim bahwa serangan mereka pada Rabu (31/1/2024) berhasil.

Salvo terbaru dari militer Amerika termasuk serangan udara yang menargetkan rudal-rudal Houthi di Yaman yang diduga siap diluncurkan.

Kelompok Houthi kemudian mengeklaim berhasil meluncurkan serangan rudal “akurat dan langsung” terhadap sebuah kapal kargo Amerika di Laut Merah.



Komando Pusat (CENTCOM) AS mengatakan posisi rudal permukaan-ke-udara telah diserang dan dihancurkan pada Rabu sore di wilayah Yaman yang dikuasai Houthi.

"Pasukan Amerika menargetkan lokasi peluncuran Houthi setelah menentukan bahwa rudal tersebut menimbulkan ancaman terhadap pesawat AS,” kata CENTCOM dalam sebuah pernyataan di X, Kamis (1/2/2024).

Komando tersebut tidak menentukan lokasi rudal-rudal Houthi yang diserang. Namun kelompok itu mengonfirmasi serangan AS dan mengatakan serangan itu terjadi di kota Saada, Yaman utara.

Juru bicara Houthi Yahya Saree mengatakan beberapa rudal Angkatan Laut yang sesuai telah dikerahkan untuk menyerang kapal kontainer KOI.

Dia mengidentifikasi kapal itu sebagai kapal milik Amerika dan mengatakan kapal tersebut sedang menuju ke Israel.

Kapal kontainer berbendera Liberia itu terdaftar pada Oceonix Services Ltd yang berbasis di London, yang dilaporkan memiliki hubungan dengan unit raksasa perbankan AS; JPMorgan Chase & Co.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1057 seconds (0.1#10.140)