Putin Tegaskan Belarusia Sekarang jadi Kekuatan Nuklir

Selasa, 30 Januari 2024 - 15:26 WIB
loading...
Putin Tegaskan Belarusia Sekarang jadi Kekuatan Nuklir
Presiden Belarusia Aleksander Lukashenko mengunjungi pembangkit listrik tenaga nuklir Belarusia di dekat kota Ostrovets, Belarusia, pada 7 November 2020. Foto/Sputnik
A A A
MOSKOW - Presiden Rusia Vladimir Putin menegaskan Belarusia telah bergabung dengan kelompok “kekuatan nuklir”.

Yang dia maksud adalah Minsk berhasil mengoperasikan Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) pertamanya, yang dibangun Rosatom, perusahaan energi atom negara Rusia.

Kementerian Energi Belarusia memberikan lampu hijau resmi pada November untuk pengoperasian komersial unit pembangkit listrik kedua di PLTN tersebut.

Dengan total kapasitas pembangkit listrik sebesar 2.400 megawatt, pembangkit tersebut diharapkan dapat memenuhi hingga 40% kebutuhan energi negara, demikian yang dilaporkan media pada saat itu.

“Ini adalah langkah maju yang besar,” ungkap Putin pada Senin (29/1/2024), mengomentari perkembangan tersebut.

Pemimpin Rusia tersebut mengatakan pembangunan pembangkit listrik tersebut telah memunculkan “industri baru” di negara tetangganya. “Dalam hal ini, Belarusia sudah pasti menjadi negara dengan tenaga nuklir,” papar dia.

Terletak tidak jauh dari kota Ostrovets di barat laut Belarusia, pembangkit listrik ini dibangun antara tahun 2013 dan 2023 oleh Atomstroyexport, anak perusahaan Rosatom.



Ini adalah pembangkit listrik tenaga nuklir pertama di luar Rusia yang menggunakan reaktor nuklir generasi 3+ canggih milik Rosatom, menurut laporan RIA Novosti.

Pada tahun 2023, Moskow juga menempatkan senjata nuklir di Belarusia, menyusul permintaan berulang kali dari Minsk.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1037 seconds (0.1#10.140)