7 Fakta Militer Inggris, Seberapa Kuat?

Senin, 29 Januari 2024 - 20:20 WIB
loading...
7 Fakta Militer Inggris, Seberapa Kuat?
Inggris memiliki kekuatan militer yang disegani di dunia Foto/Reuters
A A A
LONDON - Militer Inggris dari Angkatan Laut, Angkatan Darat, dan Angkatan Udara mewakili salah satu kekuatan militer utama di dunia. Berdasarkan Global Fire Power, Inggris menduduki peringkat ke-6 negara terkuat di dunia dari 145 negara.

Panglima militer adalah raja Inggris, saat ini Raja Charles III, sedangkan Perdana Menteri Inggris mempertahankan otoritas de facto.

Kementerian Pertahanan dibentuk pada tahun 1964 untuk mengawasi administrasi angkatan bersenjata Inggris. Militer Inggris menunjukkan pengeluaran pertahanan yang sangat besar yang hanya bisa disaingi oleh Amerika Serikat. Fokus utama operasi militer Inggris terletak pada penegakan keamanan nasional dalam dan luar negeri serta partisipasi aktif Inggris dalam operasi NATO dan koalisi.

Sejarah angkatan bersenjata Inggris hampir sama warnanya dengan sejarah Inggris sendiri. Mulai dari Perang Napoleon, kedua Perang Dunia, hingga upaya militer terkini di Timur Tengah, Militer Inggris telah terbukti menjadi kekuatan yang patut diperhitungkan.

Banyak perkembangan dalam peperangan selama dua abad terakhir disebabkan oleh kecerdikan Inggris dan kemajuan strategi keterlibatan serta kemajuan teknologi dalam persenjataan. Dapat dipastikan bahwa semangat juang dan kemampuan beradaptasi terhadap perubahanlah yang membuat Inggris mampu bertahan dalam ujian waktu.

7 Fakta Militer Inggris, Seberapa Kuat?

1. Angkatan Laut Kerajaan Inggris

7 Fakta Militer Inggris, Seberapa Kuat?

Foto/Reuters

Melansir navycs, Angkatan Laut Inggris tertua adalah Angkatan Laut Kerajaan Inggris, yang dari abad ke-18 hingga abad ke-20, tidak diragukan lagi merupakan angkatan laut terbesar dan terkuat di dunia. Angkatan Laut Kerajaan Inggris masih menjadi anggota angkatan laut terbesar kedua di NATO dan terus memproyeksikan kekuatan angkatan laut di seluruh dunia.

Divisi penting lainnya dari Royal Navy adalah Royal Marines. Marinir Kerajaan, atau "bootnecks", adalah pasukan infanteri amfibi, yang mampu mengerahkan pasukan dengan cepat.

Melansir Global Fire Power, Inggris memiliki 2 kapal induk, 6 destroyer, dan 11 frigates. Mereka juga memiliki 10 kapal selam dan 26 kapal patroli.


2. Angkatan Darat Kerajaan Inggris

7 Fakta Militer Inggris, Seberapa Kuat?

Foto/Reuters

Melansir navycs, Angkatan bersenjata Kementerian Pertahanan yang berbasis di darat adalah Angkatan Darat Inggris. Angkatan Darat Inggris terbentuk ketika kekuatan Inggris dan Skotlandia bergabung bersama dengan penyatuan Britania Raya pada tahun 1707.

Dengan kekuatan lebih dari seratus ribu anggota aktif dan cadangan, Angkatan Darat Inggris merupakan kontributor utama ekspedisi Pasukan Penjaga Perdamaian Bangsa-Bangsa.

Melansir Global Fire Power, Inggris memiliki 184.860 tentara aktif dengan 924.000 tentara cadangan. Jumlah tank yang dimiliki Inggris hanya 213 dengan dan kendaraan artileri sebanyak 41 buah.

3. Angkatan Udara Kerajaan Inggris

7 Fakta Militer Inggris, Seberapa Kuat?

Foto/Reuters

Melansir navycs, didirikan pada tahun 1918, Royal Air Force adalah angkatan bersenjata termuda di Inggris. Royal Air Force memiliki persenjataan lebih dari seribu pesawat dan lebih dari 40.000 personel.

Pesawat dan personel ini didistribusikan antara Inggris, beberapa pangkalan asing, dan berbagai operasi Inggris di seluruh dunia. Didirikan pada Perang Dunia Pertama, Angkatan Udara Kerajaan berhasil mencapai kejayaannya pada Perang Dunia II, dan terus memainkan peran penting dalam melaksanakan tujuan Kementerian Pertahanan.

Melansir Global Fire Power, jumlah pesawat tempur Inggris mencapai 120 buah, dengan pesawat tempur sebanyak 29 buah. Inggris memiliki helikopter tempur sebanyak 52 buah.

4. Pernah Menjadi Penakluk Dunia

7 Fakta Militer Inggris, Seberapa Kuat?

Foto/Reuters

Pada tahun 1976, George S. Brown, yang menjabat sebagai ketua Kepala Staf Gabungan di bawah Presiden Nixon, Ford dan Carter, pernah menyebut Inggris dan militernya “menyedihkan.” Sebagai tambahan, dia menambahkan, “Mereka bukan lagi kekuatan dunia. Yang mereka punya hanyalah jenderal, laksamana, dan pasukan. Mereka melakukan banyak hal dengan gaya yang hebat… di sisi protokol. Tapi itu membuatmu muak melihat kekuatan mereka.”

Melansir The Hill, Inggris tentu saja bukan lagi kekuatan dunia seperti dulu. Namun enam tahun setelah pernyataan Brown, pasukannya, yang diakui dengan bantuan Amerika, berhasil mengalahkan Argentina dalam Perang Falklands, yang terjadi di wilayah yang sebenarnya merupakan wilayah kekuasaan Argentina.

Pada tahun 1991, Inggris berperang bersama Amerika Serikat dalam Perang Teluk pertamanya melawan Saddam Hussein. Hal serupa terjadi lagi di Afghanistan, dan lagi di Irak. "Kekuatannya berkinerja baik dalam setiap perang ini, dan kemampuan nuklir strategisnya – sekali lagi dengan kerja sama Amerika – tidak dapat diabaikan begitu saja," ungkap Dov S. Zakheim adalah penasihat senior di Pusat Studi Strategis dan Internasional dan wakil ketua dewan Lembaga Penelitian Kebijakan Luar Negeri.

5. Kesiapan Menghadapi Invasi Rusia

7 Fakta Militer Inggris, Seberapa Kuat?

Foto/Reuters

Menurut Dov S. Zakheim adalah penasihat senior di Pusat Studi Strategis dan Internasional dan wakil ketua dewan Lembaga Penelitian Kebijakan Luar Negeri, dengan prospek agresi Rusia yang belum surut dalam waktu dekat, bahkan jika serangannya terhadap Ukraina pada akhirnya berhasil dihentikan, dan dengan petualangan China yang juga tidak menunjukkan tanda-tanda mereda, Amerika Serikat membutuhkan sekutu Inggris yang kuat secara militer.

6. Hanya Menjadi Penonton

7 Fakta Militer Inggris, Seberapa Kuat?

Foto/Reuters

Tidak ada keraguan bahwa kekuatan militer Inggris telah menyusut pada tingkat yang mengkhawatirkan. Pasukannya, yang jumlahnya tidak terlalu besar, saat ini berjumlah sekitar 78.000 personel dan akan terus dikurangi jumlahnya. Jumlahnya sama kecilnya dengan saat Perang Napoleon, meskipun cukup berhasil di Waterloo.

"Armada permukaan Angkatan Laut telah menyusut menjadi kurang dari 20 kapal. Kapal induk terbarunya, Ratu Elizabeth, tidak memiliki kemampuan untuk meluncurkan atau mengambil pesawat konvensional. Sayap udaranya terdiri dari F-35B yang dapat lepas landas dan mendarat secara vertikal," kata Zakheim, dilansir The Hill.

Sepuluh kapal selam Angkatan Laut AS memiliki kekuatan kurang dari seperempat kapal selam Amerika, yang merupakan versi menyusut dari tingkat kekuatan awal. Inggris memiliki kurang dari 300 pesawat sayap tetap. Dan, seperti yang dikonfirmasi oleh seorang menteri Inggris kepada saya, persediaan amunisi mereka telah berkurang sangat sedikit, sebagian karena bantuan London kepada Ukraina, sehingga mereka hanya dapat mendukung operasi militer Inggris, paling lama, beberapa hari.

7. Masih Menjadi Andalan NATO

7 Fakta Militer Inggris, Seberapa Kuat?

Foto/Reuters

Inggris secara konsisten memenuhi persyaratan NATO untuk mengalokasikan 2 persen dari produk domestik bruto untuk anggaran pertahanannya dan menghabiskan 20 persen dari anggaran tersebut untuk peralatan.

Mengingat pertumbuhan biaya riil dalam pengadaan pertahanan, dan biaya untuk memberikan tunjangan yang cukup untuk mempertahankan militer sukarelawannya, mematuhi target NATO saja tidaklah cukup – terutama karena perekonomian Inggris tumbuh lebih lambat dibandingkan negara-negara besar lainnya di dunia, selain Meksiko.

Dengan kekurangan tenaga kerja yang terus berlanjut – sebagian besar disebabkan oleh keluarnya negara tersebut dari Uni Eropa, yang memungkinkan negara tersebut memperoleh manfaat dari pergerakan bebas tenaga kerja, serta produktivitas yang lesu – kecil kemungkinannya untuk meningkatkan PDB.

"Oleh karena itu, pasukan Inggris akan terus menyusut kecuali negara tersebut meningkatkan anggaran pertahanannya jauh di atas tingkat saat ini sebesar 2,2 persen PDB," tutur Zakheim, dilansir The Hill.

(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1212 seconds (0.1#10.140)