7 Fakta Militer Inggris, Seberapa Kuat?

Senin, 29 Januari 2024 - 20:20 WIB
loading...
7 Fakta Militer Inggris, Seberapa Kuat?
Inggris memiliki kekuatan militer yang disegani di dunia Foto/Reuters
A A A
LONDON - Militer Inggris dari Angkatan Laut, Angkatan Darat, dan Angkatan Udara mewakili salah satu kekuatan militer utama di dunia. Berdasarkan Global Fire Power, Inggris menduduki peringkat ke-6 negara terkuat di dunia dari 145 negara.

Panglima militer adalah raja Inggris, saat ini Raja Charles III, sedangkan Perdana Menteri Inggris mempertahankan otoritas de facto.

Kementerian Pertahanan dibentuk pada tahun 1964 untuk mengawasi administrasi angkatan bersenjata Inggris. Militer Inggris menunjukkan pengeluaran pertahanan yang sangat besar yang hanya bisa disaingi oleh Amerika Serikat. Fokus utama operasi militer Inggris terletak pada penegakan keamanan nasional dalam dan luar negeri serta partisipasi aktif Inggris dalam operasi NATO dan koalisi.

Sejarah angkatan bersenjata Inggris hampir sama warnanya dengan sejarah Inggris sendiri. Mulai dari Perang Napoleon, kedua Perang Dunia, hingga upaya militer terkini di Timur Tengah, Militer Inggris telah terbukti menjadi kekuatan yang patut diperhitungkan.

Banyak perkembangan dalam peperangan selama dua abad terakhir disebabkan oleh kecerdikan Inggris dan kemajuan strategi keterlibatan serta kemajuan teknologi dalam persenjataan. Dapat dipastikan bahwa semangat juang dan kemampuan beradaptasi terhadap perubahanlah yang membuat Inggris mampu bertahan dalam ujian waktu.

7 Fakta Militer Inggris, Seberapa Kuat?

1. Angkatan Laut Kerajaan Inggris

7 Fakta Militer Inggris, Seberapa Kuat?

Foto/Reuters

Melansir navycs, Angkatan Laut Inggris tertua adalah Angkatan Laut Kerajaan Inggris, yang dari abad ke-18 hingga abad ke-20, tidak diragukan lagi merupakan angkatan laut terbesar dan terkuat di dunia. Angkatan Laut Kerajaan Inggris masih menjadi anggota angkatan laut terbesar kedua di NATO dan terus memproyeksikan kekuatan angkatan laut di seluruh dunia.

Divisi penting lainnya dari Royal Navy adalah Royal Marines. Marinir Kerajaan, atau "bootnecks", adalah pasukan infanteri amfibi, yang mampu mengerahkan pasukan dengan cepat.

Melansir Global Fire Power, Inggris memiliki 2 kapal induk, 6 destroyer, dan 11 frigates. Mereka juga memiliki 10 kapal selam dan 26 kapal patroli.


2. Angkatan Darat Kerajaan Inggris

7 Fakta Militer Inggris, Seberapa Kuat?

Foto/Reuters

Melansir navycs, Angkatan bersenjata Kementerian Pertahanan yang berbasis di darat adalah Angkatan Darat Inggris. Angkatan Darat Inggris terbentuk ketika kekuatan Inggris dan Skotlandia bergabung bersama dengan penyatuan Britania Raya pada tahun 1707.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0879 seconds (0.1#10.140)