Tak Peduli Isu Etis, Ribuan Warga India Berburu Kerja di Israel saat Genosida Gaza

Jum'at, 26 Januari 2024 - 19:30 WIB
loading...
A A A
Sekitar 90.000 warga Palestina dilaporkan bekerja di sektor konstruksi Israel. Namun karena konflik yang dimulai ketika pejuang Hamas menyerbu komunitas Israel dan menewaskan sekitar 1.200 orang pada bulan Oktober, Israel telah membatalkan izin kerja ribuan pekerja Palestina tersebut.

Sementara itu, lebih dari 25.000 orang telah dibunuh Israel secara brutal di Jalur Gaza, menurut pihak berwenang Palestina.

Sekelompok organisasi industri Pusat Serikat Buruh India (CITU) mengecam perekrutan tersebut dan mendesak pemerintahan Partai Bharatiya Janata (BJP) pimpinan Perdana Menteri Narendra Modi menghentikan perjanjian dengan Israel.

“CITU mengimbau para pekerja India untuk tidak menjadi korban dari bantuan pemerintah yang dipimpin BJP… dan negara-negara yang mencari pekerjaan di Israel, yang merupakan wilayah yang dilanda konflik dan (pemerintah) mereka membuat ribuan warga Palestina di Israel kehilangan pekerjaan sambil melakukan serangan genosida terhadap Palestina," ujar Tapan Sen, sekretaris jenderal CITU.

Pemerintah India, yang telah menjalin hubungan lebih dekat dengan Israel dalam beberapa tahun terakhir, membela upaya perekrutan pekerja tersebut.

"Kami memiliki kemitraan mobilitas dengan beberapa negara di seluruh dunia. Dan kami sekarang juga memiliki perjanjian dengan Israel. Perjanjian tersebut dimulai jauh sebelum konflik meletus," ujar juru bicara Kementerian Luar Negeri India Randhir Jaiswal kepada wartawan Kamis lalu.

Menekankan tidak ada dasar untuk khawatir, dia menambahkan, "Izinkan saya memberi tahu Anda bahwa undang-undang ketenagakerjaan di Israel kuat dan ketat serta memberikan perlindungan terhadap hak-hak buruh dan hak-hak migran."

Sebelum perang, perlindungan semacam itu dipertanyakan kelompok-kelompok hak asasi manusia, menyoroti dugaan kasus penganiayaan terhadap pekerja Thailand, sumber utama tenaga kerja lainnya di Israel yang berpenduduk sekitar 9 juta orang.

Namun Jaiswal menekankan, “Kami sadar akan tanggung jawab kami untuk memberikan keselamatan dan keamanan kepada orang-orang kami yang berada di luar negeri. Ketika konflik meletus di Israel, kami meluncurkan Operasi Ajay untuk semua orang yang ingin kembali,” mengacu pada penerbangan repatriasi. “Karena itu, kami tetap berkomitmen untuk migrasi yang aman bagi masyarakat kami.”

Bagi pekerja seperti Seni, keputusannya sederhana. “Risiko ada dimana-mana, dan kita harus menghadapinya. Saya tidak bisa hanya duduk di rumah dan membuat keluarga saya kelaparan,” ujar dia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1014 seconds (0.1#10.140)