Konsumsi Jamur Liar, Sembilan Warga Iran Meregang Nyawa

Minggu, 20 Mei 2018 - 13:49 WIB
Konsumsi Jamur Liar, Sembilan Warga Iran Meregang Nyawa
Konsumsi Jamur Liar, Sembilan Warga Iran Meregang Nyawa
A A A
TEHERAN - Dinas darurat Iran mengatakan lebih dari 700 orang keracunan setelah memakan jamur liar. Sementara itu puluhan lainnya masih dalam kondisi kritis.

"Statistik darurat terbaru menunjukkan bahwa 721 orang telah keracunan oleh jamur beracun, 190 di antaranya dirawat di rumah sakit, 523 dibersihkan dari racun, dan sembilan meninggal," ujar Mojtaba Khalidi, juru bicara layanan darurat, seperti dikutip dari Russia Today, Minggu (20/5/2018).

"Setidaknya 50 dari korban yang dirawat di rumah sakit di delapan provinsi Iran berada dalam kondisi kritis, dengan beberapa diantaranya membutuhkan transplantasi hati untuk menyelamatkan nyawa mereka," kata layanan darurat.

Kementerian Kesehatan Iran mengaitkan insiden itu dengan hujan lebat di daerah pegunungan di negara tersebut, dan mengeluarkan peringatan yang meminta warga untuk menghindari makan jamur liar dan tidak dikenal, serta menahan diri untuk tidak menyentuh mereka karena beberapa spesies jamur menyebabkan keracunan jika bersentuhan dengan kulit.

Pihak berwenang juga meminta masyarakat untuk tidak membeli jamur dari pedagang kaki lima. Mereka yang mengalami sakit perut, mual, muntah, atau pusing berat disarankan untuk minum banyak cairan dan segera mengunjungi pusat kesehatan.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.2843 seconds (0.1#10.140)