6 Polemik Perundingan Gencatan Senjata Israel dan Hamas yang Terbaru

Kamis, 25 Januari 2024 - 18:30 WIB
loading...
A A A
Ide tersebut dilaporkan dilontarkan oleh kepala Mossad David Barnea sebagai bagian dari negosiasi yang dimulai pada bulan Desember dalam pertemuan di Warsawa dengan direktur CIA Bill Burns dan Perdana Menteri Qatar Mohammed bin Abdulrahman Al-Thani.

Barnea mengatakan di Doha bulan ini bahwa dia mengajukan proposal tersebut lagi kepada Menteri Luar Negeri AS Anthony Blinken, yang dilaporkan mengatakan bahwa gagasan tersebut “tidak akan pernah berhasil”.

Gagasan tersebut ditolak mentah-mentah oleh Hamas dan akan mengakibatkan tersingkirnya tokoh-tokoh penting, termasuk Yayha al-Sinwar dan Mohamed al-Deif, yang telah masuk dalam daftar sasaran Israel selama bertahun-tahun.

6. Pembebasan Sandera Jadi Target Utama

Gencatan senjata terakhir menunjukkan kedua pihak yang bertikai sepakat untuk menghentikan permusuhan selama seminggu pada bulan November.

Sekitar 130 sandera dibebaskan oleh Hamas berdasarkan pengaturan yang disusun dengan hati-hati yang juga mencakup pembebasan sekitar 240 warga Palestina, sebagian besar perempuan dan remaja, yang dipenjarakan di Israel.

Sejak saat itu telah ada upaya bersama oleh para pejabat dan diplomat PBB untuk terlibat dalam pembicaraan mengenai gencatan senjata kemanusiaan lainnya.

(ahm)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1304 seconds (0.1#10.140)